Sudah 26 Jam Api yang Membakar KMP Mutiara Berkah 1 Belum Berhasil Dijinakkan

Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah 1 terbakar
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Merak – Sudah 26 jam api yang membakar KMP Mutiara Berkah 1 masih belum bisa dipadamkan. Tampak bagian luar kapal, catnya sudah terkelupas karena terkena panas dan jilatan api. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Beruntung, titik api sudah bisa dilokalisir oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) dan tugboat yang terus menerus menyiram air ke badan kapal berwarna biru putih itu.

"Masih stand by, kalau api membesar segera dilakukan penyemprotan. (Api) sudah di titik tertentu, tapi belum bisa di evakuasi masuk ke dalam, karena masih berbahaya," kata Nana Suryana, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Banten, melalui selulernya, Kamis, 7 September 2023.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Kapal Ferry KMP Mutiara Berkah 1 terbakar di Pelabuhan Indah Kiyat, Cilegon

Photo :
  • Yandi Deslatama

Ratusan ribu liter air diperkirakan telah dihabiskan oleh petugas damkar untuk menyiram kapal yang terbakar sejak Selasa, 06 September 2023, sekitar pukul 10.50 wib. Belum lagi air laut yang digunakan oleh tugboat atau kapal tunda, yang turut serta menyiram dari sisi laut.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

"Paling diperkirakan saja, di daratnya damkar. Damkar kurang lebih 15 unit, di kali rata-rata satu damkar kapasitas 5 ribu sampai 6 ribu liter, sudah bisa dikalikan berapa ribu liter. Itu dalam satu kali (penyiraman), kalau terus-terusan, dikalikan, ya cukup banyak," terangnya.

Kondisi kapal yang terbakar akan dikoordinasikan dengan banyak pihak, akankah di evakuasi ke tengah laut atau cara lainnya, sehingga tidak menggangu proses bongkar muat kapal lainnya di Pelabuhan Indah Kiat, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

BPBD Banten belum bisa menyimpulkan dugaan penyebab terbakarnya KMP Mutiara Berkah 1. Nana Suryana masih menunggu petugas Komite Keselamatan Transportasi Nasional (KNKT) melakukan investigasi.

"Kalau sumber api nanti ada KNKT yang menentukan itu, jadi kita tidak bisa menduga-duga, jadi setelan dilakukan inspeksi oleh KNKT baru bisa disimpulkan penyebab nya dari mana," jelasnya.

Sebelumnya Kapal Feri KMP Mutiara Berkah 1 terbakar sekira pukul 10.30 wib, dan belum bisa dipadamkan hingga pukul 12.40 wib. Proses evakuasi penumpang ada yang dilakukan menggunakan crane.

Penumpang merayap kayaknya laba-laba dari ujung crane yang dijulurkan ke atas kapal. Crane digunakan sebagai pengganti jembatan penyeberangan penumpang dari dan ke atas kapal.

Ratusan kendaraan truk hangus terbakar imbas kebakaran tersebut. Belum diketahui pasti penyebab dari kebakaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya