Bertemu Tahanan di Lantai 15 Gedung Merah Putih, Novel Baswedan: Lagi-lagi Pimpinan KPK

Eks penyidik KPK Novel Baswedan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta – Beredar informasi bahwa pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan pertemuan dengan salah seorang tahanan bahkan diduga dia adalah Dadan Tri Yudanto. Novel Baswedan beri pernyataan menohok untuk pimpinan KPK jika benar adanya pertemuan itu.

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

Mantan penyidik lembaga antirasuah senior itu mengatakan mengapa lagi-lagi pimpinan KPK yang melakukan hal yang diduga melanggar aturan.

"Pimpinan KPK lagi, lagi-lagi Pimpinan KPK," ujar Novel Baswedan dalam keterangan di akun sosial media twitter 'X' pribadinya yang dikutip Kamis 14 September 2023.

BAP Korupsi Kementan Bocor ke SYL, KPK Duga Berasal dari Pengacara

Dia bahkan memberikan sebuah pernyataan satire kepada informasi yang beredar tersebut. Pasalnya, pertemuan antara pimpinan KPK dengan tahanan yang dinaksud itu berada di lantai 15 gedung merah putih. 

Novel menuturkan apakah pimpinan tengah memberikan nasihat kepada tahanan tersebut. Diketahui, lantai 15 gedung merah putih merupakan ruangan khusu untuk para pimpinan lembaga antirasuah.

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • KPK.go.id

"Kira-kira mengapa tahanan KPK bisa ke lantai 15 (ruang kerja Pimpinan KPK)? Pimpinan sedang menasehati tahanan KPK, Pimpinan sedang memeriksa tahanan KPK, tahanan KPK tersesat ke lantai 15 (ruang kerja Pimp KPK)," kata Novel satire.

Dadan Tri Diduga Bertemu Pimpinan KPK

Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Albertina Ho mengatakan bahwa sosok tahanan yang diduga tahanan bertemu dengan pimpinan KPK itu adalah Dadan Tri. Hal tersebut diketahui lewat adanya laporan untuk Dadan Tri masuk ke Dewas.

"Kalau di laporan itu sih katanya Dadan Tri," ujar Albertina kepada wartawan, Rabu 13 September 2023.

Kemudian, Albertina menjelaskan ada dugaan pun bahwa sosok pimpinan yang bertemu Dadan Tri itu adalah Johanis Tanak. "Kalian sudah to? kalian nanya saya. Wartawan ini lebih tahu dari saya," kata dia.

Dia juga menjelaskan akan mendalami dugaan pertemuan tersebut. Kekinian, CCTV di ruangan tersebut pun bakal di cek guna mengetahui informasi lebih jelasnya.

"Ya nanti akan dicek semua ya, kan kita akan pengumpulan bukti," ucapnya.

Albertina menyebutkan bahwa laporan tersebut juga masih harus didalami pihak Dewas untuk kebenarannya. Kendati, Dewas tak menutup kemungkinan pimpinan KPK juga akan dipanggil jika benar ada pertemuan tersebut.

"Nah itu yang kita nggak tahu, itu kan namanya baru laporan, kan kita masih harus ini (didalami) semua," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku menerima informasi soal adanya tahanan korupsi yang datang ke lantas 15 Gedung Merah Putih KPK. Di lantai tersebut terdapat ruangan pimpinan KPK.    

"Ya, informasi masih didalami," kata Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris saat dikonfirmasi awak media, Selasa, 12 September 2023. 

Informasi didapat VIVA, tersangka itu bertalian erat dengan kasus suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Peristiwa terjadi pada akhir Juli 2023. 

Juru Bicara Ali Fikri dikonfirmasi enggan bicara banyak. Dia berdalih setiap pemeriksaan hanya dilangsungkan di lantai 2 Gedung Merah Putih KPK.

"Ini informasi dari teman-teman (jurnalis) sendiri ya. Maksud saya, kami hanya bisa menjelaskan sejauh ini dalam pemeriksaan setiap tahanan dalam kapasitasnya sebagai tersangka ataupun saksi selalu dilakukan di lantai dua," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya