Dies Natalis ke-60 IPB, Jokowi: 2 Anak Saya Lulusan IPB, Bisa Dimarahi Keluarga Besar Jika Tak Hadir

Presiden Joko Widodo menghadiri Dies Natalies ke-60 IPB, Bogor, Jawa Barat.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

BogorPresiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Dies Natalis ke-60 IPB University, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 15 September 2023. 

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Bagi Jokowi, IPB sangat istimewa. Sehingga dirinya hadir langsung dalam kegiatan yang digelar di Gedung IPB, Bogor, Jawa Barat, tersebut. Sejumlah menteri juga tampak hadir. 

Pada kesempatan itu, Jokowi menceritakan awalnya tidak bisa menghadiri Dies Natalis ke-60 IPB yang rencananya diselenggarakan pada 1 September 2023. Sebab, pada tanggal itu, Jokowi juga memiliki agenda kenegaraan yang tak dapat ditinggalkan. 

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

"Buat saya IPB sangat spesial karena sebelum saya terima undangan untuk acara Dies Natalis IPB ini tanggal 1 September, kebetulan saya enggak bisa, sudah bertabrakan dengan jadwal yang sudah direncanakan," kata Jokowi.

Kemudian Jokowi disarankan untuk mengirim video sambutan untuk Dies Natalis ke-60 IPB. Namun, dia menolak. Jokowi mengatakan bisa dimarahi oleh keluarga besar IPB apabila tidak hadir.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Presiden Joko Widodo menghadiri Dies Natalis ke-60 IPB University, Bogor, Jabar.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

"Saya diberitahu 'Pak tapping saja, kirim video'. Bisa dimarahi keluarga besar IPB saya kalau seperti itu," kata Jokowi, sontak para peserta yang hadir tertawa.

Jokowi mengatakan, dia sudah berjanji kepada Rektor IPB Arif Satria untuk hadir ke Dies Natalis ke-60 IPB. Karena itu, Jokowi mengaku senang akhirnya bisa hadir langsung di acara tersebut.

"Sejak awal saya sudah disampaikan oleh Pak Rektor, 'Pak, nanti waktu Dies Natalis ke-60 hadir'. Insya Allah saya hadir. Saya sampaikan semangat gitu, ternyata tanggalnya tadi tanggal 1 September bertabrakan dengan jadwal lain dan akhirnya pada pagi hari ini kesampaian saya bisa hadir di sini," kata Jokowi disambut tepuk tangan audiens.

Presiden Jokowi dalam kesempatan itu juga memuji inovasi-inovasi yang diciptakan IPB sejauh ini. Dia pun menyinggung dua anaknya yang merupakan lulusan IPB. 

Diketahui, putri Jokowi, Kahiyang Ayu lulus studi S2 di Sekolah Bisnis IPB pada tahun 2019. Sedangkan, suami Kahiyang, Bobby Nasution yang juga Wali Kota Medan lulus pendidikan S1 dan S2 IPB.

"Pak Mendikbud, Pak Mentan, Bu Menteri KLHK, Pak Menteri UMK dan Koperasi, Pak Mensesneg, Bu Menaker, Pak Menteri Investasi. Enggak tahu kelihatannya ini semua menteri lulusan IPB? Enggak? Enggak, kalau anak saya 2 lulusan IPB," kata Jokowi. 

Jokowi pun berharap di usia ke-60 tahun, IPB semakin jaya dan kontributif untuk memecahkan permasalahan bangsa serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa. Jokowi berharap IPB terus menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.

"Saya ingin IPB jadi sasana untuk menghasilkan insan-insan unggul yang tidak hanya kompeten di akademik, tapi juga punya karakter yang baik, memiliki akhlak yang baik, yang cinta Tanah Air, yang punya optimisme tinggi, yang selalu ingin membantu sesama. Saya yakin IPB University sangat bisa mengambil peran itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya