KPK Usut Kasus Baru Terkait Proyek di Jatim

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan atau Eksekusi KPK Asep Guntur
Sumber :
  • Zendy Pradana/ VIVA.

Jakarta – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sedang mengusut kasus dugaan korupsi baru, terkait pekerjaan proyek pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

BI Pede Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2024 di Atas 5 Persen, Ini Pendorongnya

"Kasus baru, pembangunan gedung di pemerintah daerah di sana. Pemkab berarti ya," kata Direktur Penyidikan KPK Brigjen Asep Guntur Rahayu dikonfirmasi awak media, dikutip Minggu, 17 September 2023. 

Asep lanjut menjelaskan, tim penyidik pun sedang berada di lapangan untuk melakukan serangkaian penggeledahan. Sejumlah tempat seperti rumah dinas bupati, Kantor Dinas PUPR hingga Kantor Pemkab Lamongan, kata dia, sudah digeledah, sejak Jumat kemarin.

Pejabat Kementan Ungkap Pernah Buat Perjalanan Dinas Fiktif Atas Perintah SYL

"Pokoknya tempat-tempat yang kami duga terkait dengan tindak pidana tersebut. Kalau tidak salah ini yang menyelenggarakan proyek itu PUPR di sana, kemudian kantor-kantor lain yang diduga berkaitan dengan tindak pidana tersebut termasuk pihak swasta," kata Asep.

Asep memastikan pihaknya telah menetapkan tersangka pada kasus ini. Namun, Asep enggan menginformasikan detail identitas tersangka dimaksud. 

KPK Sebut OTT di Sidoarjo Tak Sempurna, Ada Pejabat yang Tak Berhasil Ditangkap

Ia hanya memberi petunjuk salah satu tersangka merupakan pejabat di Dinas PUPR Kabupaten Lamongan. "Ini terkait Pasal 2 dan Pasal 3. Belum ada hitungan (kerugian keuangan negara), baru kami ajukan. Tersangkanya nanti lah diumumkan," imbuhnya.

Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Saksi Sebut SYL Palak Pejabat saat Kunjungan ke Brazil Hingga Amerika Serikat

Sekjen PSP Kementan RI, Hermanto mengatakan bahwa direktoratnya dibebani hingga ratusan juta rupiah ketika Syahrul Yasin Limpo alias SYL tengah berkunjung ke Brazil hingg

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024