Jokowi ke IKN Naik Pesawat TNI AU Karena Pesawat RI-1 Perawatan Berkala,

Presiden Jokowi Menggunakan Pesawat TNI AU Landing di Kalimantan Timur
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Kalimantan, sekaligus melihat perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, tidak menggunakan pesawat Kepresidenan RI-1. Kepala Negara bertolak dari Jawa Tengah menggunakan pesawat TNI AU.

Bahlil Ungkap Wilayah Ini Bakal Paling Kecipratan Manfaat Ibu Kota Pindah ke IKN

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menjelaskan alasan Presiden Jokowi tidak menggunakan Pesawat Kepresidenan RI-1 dari Surakarta, Jawa Tengah ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Kamis 21 September 2023 kemarin.

Jelas dia, Presiden Jokowi menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara karena Pesawat Kepresidenan RI-1 sedang dilakukan perawatan berkala.

Jokowi Teken UU Desa yang Baru, Kini Kepala Desa Dapat Uang Pensiun

“Ada perawatan berkala yang sangat detail. Perawatan yang sifatnya berkala,” kata Bey saat dihubungi wartawan pada Kamis, 21 September 2023.

Namun, Bey belum mengetahui berapa lama waktu perawatan Pesawat Kepresidenan RI-1 yang biasa digunakan Presiden Jokowi tersebut.

Tinjau Pasar di NTB, Jokowi: Harga Cabai Rawit hingga Bawang Merah Turun

“Belum dapat dipastikan waktunya,” ujarnya.

Hanya saja, Penjabat Gubernur Jawa Barat ini menegaskan, tidak ada kerusakan pada Pesawat Kepresidenan yang dibeli di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Menurut dia, pesawat tersebut memang sedang dilakukan perawatan berkala.

“Tidak ada (kerusakan). Memang ini berkala saja perawatan, maintenance. Perawatan berkala seperti ini biasa kan dilakukan. Tidak ada kerusakan ya,” jelas dia.

Sedangkan, Bey mengatakan Presiden Jokowi untuk sementara waktu melakukan kunjungan kerja di dalam negeri menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara. “Tidak masalah. Kalau kunjungan kerja dalam negeri pakai Pesawat TNI AU dulu. Kalau jarak jauh kan pakai Boeing 777 Garuda itu,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya