Lautan Massa Jalan Gembira Anies-Muhaimin, Warga Makassar Berbagi Cerita

Lautan manusia menyambut Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Makassar.
Sumber :
  • Akun X Anies Baswedan

Makassar – Pasangan Bacapres dan Bacawapres Anies-Muhaimin, atau kerap disebut AMIN baru-baru ini membuat heboh dengan sambutan massa bagaikan lautan manusia di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sontak saja, lautan manusia yang hadir untuk mengikuti Jalan Gembira itu tentu membuat banyak tanda tanya soal kebenarannya. Apakah benar total manusia yang hadir jutaan atau hanya klaim dari pihak panitia penyelenggara.

Menurut kesaksian salah seorang warga Makassar, Muhammad Syakir mengungkapkan bahwa aksi jalan santai yang digelar kali ini tergolong sangat besar. Pasalnya, menurut dia,  belum pernah ada massa berkumpul sebanyak itu di Kota Daeng.

"Barusan ada begini panjang massa hadir gerak jalan. Biasanya tidak seperti ini ji panjangnya, (Gerak jalan terbanyak baru kali ini)," kata Syakir kepada wartawan di lokasi Jalan Gembira di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu 24 September 2023 kemarin.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Antusias warga Sulsel hadiri jalan gembira Anies-Muhaimin (AMIN) di Makassar.

Photo :
  • Supriadi Maud

Syakir juga mengaku sempat datang ke lokasi kesusahan, sebab waktu awal datang dirinya sudah sulit menembus kerumunan warga. Tak hanya Jalan Jenderal Sudirman yang dipadati. Jalan yang tembus ke Jalan pusat kota itu juga tampak macet total dengan kerumunan massa.

"Jujur saya tadi hampir pulang karena banyak sekali orang. Kira awalnya orang berkumpul cuma di sini (Jalan  Jenderal Sudidman) ternyata semua jalan yang menghubungkan juga dipenuhi warga yang mau hadir gerak jalan Anies ini," ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan warga dari Kabupaten Luwu, Nur Halizah Sari Rahman yang turut hadir. Dia juga mengaku kesulitan menghadiri jalan gembira Anies-Cak Imin itu. Nur Halizah pun mengaku langsung pulang karena melihat begitu banyak massa yang berdatangan.

"Saya balik, Karena saya takut sesak napas. Bisa pingsan saya melihat orang banyak gitu," akunya.
Karyawan Swasta ini mengungkapkan  kesaksiannya bahwa lautan manusia itu sangat jelas lantaran sepanjang jalan Jenderal Sudirman dipenuhi manusia ditambah jalan penghubung lainnya juga tampak dpenuhi warga yang sangat antusias mengikuti jalan gembira AMIN.

Tak hanya dirinya, lanjut Nur Halizah, bahwa ternyaya banyak warga yang juga sudah sepuh bahkan dari kaum perempuan juga ikut Jalan Gembira bersama capres-cawapres dari Koalisi Perubahan itu.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Lautan manusia menyambut Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Makassar.

Photo :
  • Akun X Anies Baswedan


"Saya datang dari awal sudah macet total. Terlalu banyak warga setiap jalan penghubung macet karena dipenuhi warga. Kalau saya liat itu bukan lagi ratusan tapi sudah jutaan. Bayangkan saja yang hadir mulai dari anak-anak, remaja, pemuda sampai ada orang tua yang sudah sepuh masih saja kuat hadir. Saya betul-betul terperangah," katanya memungkasi.

Sementara itu, panitia jalan gembira bersama Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) mengklaim 1 Juta kupon peserta jalan gembira ludes.

Ketua Panitia Tamsil Linrung menyebut penantian warga Sulsel untuk menyaksikan kehadiran AMIN kini telah terwujud.

“Alhamdulillah akhirnya penantian teman-teman ke Sulsel, kerinduan kepada anda berdua hari ini masyarakat Sulawesi Selatan membuktikan bahwa mereka sangat mencintai kalian berdua. Hari ini saya dengan penuh haru Ingin mengatakan ekspresi rasa syukur, bahagia,” kata Tamsil dalam keterangannya kepada VIVA, Senin 25 September 2023.

Anggota DPD RI ini mengaku telah menarget 500 ribu peserta, namun saat terealisasi ternyata terlampau jauh jika melihat lautan manusia yang hadir.

“Saya menyebut angka 500 ribu yang akan membersamai kita ternyata sekarang tembus 1 juta,” ucap Tamsil

Tamsil Linrung meyakini jumlah massa lebih dari satu juta. Sebab, jika melihat dari kalkulasi tiga partai koalisi yakni Nasdem, PKB, dan PKS  dan relawannya itu totalnya sudah lebih satu juta orang.

"Kalkulasi sangat jelas, Nasdem, PKB, PKS dan Relawan totalnya lebih dari satu juta dan hari ini terlihat jelas dilapangkan" kata Tamsil Linrung

Dia pun menungkapkan bahwa masyarakat Sulawesi Selatan membuktikan keinginan besarnya mendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dalam menuju perubahan lebih baik.

Dari massa yang hadir sangat jelas, bahwa tak ada sedikitpun aspal terlihat dari atas jembatan panggung di depan Monumen Mandala sepanjang jalan dipenuhi masyarakat Sulawesi Selatan.

"Kita bisa lihat betapa banyak yang hadir sampai aspal pun tak terlihat. Bahkan, parkiran Pelamonia dan area Monumen Mandala menjadi wadah menampung kelebihan massa," katanya

Tak hanya jalan utama, kata Tamsil, jalan penghubung seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kartini, Jalan Chairul Anwar, Jalan Amanagappa hingga Jalan Ince Nurdin semua dipenuhi warga yang sangat antusias.

“Lebih dari satu juta orang memadati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kartini, Jalan Chairul Anwar, Jalan Amanagappa hingga Jalan Ince Nurdin. Massa saat bergerak sangat lambat, bahkan nyaris tak bergerak,” terangnya  

PDIP Masih Cermati Peluang Duet Anies dan Ahok dalam Pilkada 2024
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Anies Baswedan turut menanggapi Luhut Binsar Pandjaitan soal permintaan kepada Prabowo Subianto agar tidak membawa orang 'toxic' masuk ke dalam pemerintahannya nanti.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024