Ganjar: Kades Harus Bawa Kemakmuran dan Kesejahteraan Warga

Bacapres Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Ketua Dewan Pembina DPP Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI), Ganjar Pranowo membuka rapat kerja nasional (Rakernas) DPP PAPDESI ke-2 dengan tema 'Mendorong Pemerintah Segera Mengesahkan Revisi Terbatas UU No 6 tahun 2014 tentang Desa' di Gedung SMESCO, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023.

Korban Tewas Banjir Lahar Dingin Marapi Terus Bertambah, Lebih dari 200 Warga Mengungsi

Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta agar kepada seluruh kepala desa untuk mengutamakan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.

"Saya titip ya, mari kita bicara betul-betul kepentingan desa, makmurkan desa dan warganya," kata Ganjar di Gedung Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023.

Kemendes Bentuk Tim Khusus Usut Rombongan Kades Bone yang Dugem di Makassar

"Siap," jawab ribuan kepala desa. 

Menurut mantan gubernur Jawa Tengah itu, para kepala desa sudah mengetahui tata kelola bagaimana cara memajukan desa, aturan yang harus diikuti hingga sudah dimengerti hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika menjabat kepala desa. 

Geger Warga Tangsel Temukan Mayat Pria Terbungkus Sarung, Polisi: Korban Diduga Dibunuh

Bahkan, Ganjar memuji perkembangan badan usaha milik desa (Bumdes) yang sudah maju 
Oleh karenanya, Ganjar meminta para kepala desa agar mempunyai tekad dan semangat yang kuat untuk memakmurkan masyarakat desa.

"Sumber dayanya sudah ada, tata kelolanya 'jenengan' semua sudah tau, regulasinya, rambu-rambunya sudah ada, tinggal dorong saja. Istilahnya, gas pol," tegas Ganjar. 

Ganjar juga mendorong agar pemerintahan desa lebih baik lagi dengan memperbanyak pelatihan untuk peningkatan SDM di desa.

"Enggak ada korupsi, titip-titip, jangan ada korupsi, betul-betul saya titip," tegas Ganjar.

Sebagai informasi, hadir dalam rakernas DPP PAPDESI ke-2 ini lebih dari 1000 kepala desa dari seluruh Indonesia, seperti dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Maluku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya