Johnny Plate Singgung Arahan Presiden, Ngaku Marah Proyek BTS Tak Kunjung Rampung

Johnny G Plate Eks Menkominfo Jalani Sidang Dakwaan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Eks Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkit arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat dicecar Jaksa terkait perkembangan proyek BTS 4G Kominfo. Plate diperiksa sebagai saksi mahkota dalam sidang lanjutan kasus korupsi BTS 4G Kominfo di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu, 27 September 2023. 

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Duduk sebagai terdakwa antara lain, Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia Galumbang Menak Simanjuntak, Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan, dan Account Director of Integrated Account Department PT Huawei Tech Investment Mukti Ali.


Source : VIVA/M Ali Wafa

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Awalnya, Jaksa bertanya ke Plate apakah dirinya selalu mengikuti perkembangan dari proyek BTS 4G Kominfo. Plate kemudian mengungkit arahan Jokowi untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di seluruh Indonesia. 

"Apakah selama dalam proyek BTS 4G ini, saudara mengikuti perkembangannya?" tanya Jaksa.

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

"Saya lebih banyak terlibat dalam kebijakan-kebijakan pemerintah. Menindaklanjuti arahan presiden, terkait pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Terkait dengan proyek BTS ini beberapa kali saya diundang sebagai yang diundang dalam rapat PMO Bakti," ucap Plate. 

"Kapan itu?" tanya Jaksa ke Plate.

"Saya tidak ingat tanggal-tanggalnya, tapi beberapa kali rapat di tahun 2021 dan 2022," jelas Plate.

Jaksa pun bertanya apa saja yang dibahas dalam rapat PMO Bakti di tahun 2021. Plate menjelaskan, rapat tersebut dapat disebut sebagai presentasi PMO terkait pelaksanaan dan kemajuan pekerjaan.

"Dalam rapat-rapat itu saya selalu mengingatkan kepada Bakti dan penyedia serta PMO untuk melaksanakan sebaiknya sesuai dengan kontrak yang dimiliki karena ini kebijakan pemerintah," ucap Plate. 

"Saya juga menyampaikan kepada Bakti PMO dan penyedia bahwa karena ini dilaksanakan di wilayah 3 T maka perlu memperhatikan manajemen material agar jangan sampai materialnya hilang di kampung-kampung atau di hutan-hutan. Ketiga, yang selalu saya sampaikan adalah dalam rangka transfer teknologi untuk melibatkan putra putri lokal," sambungnya.

Sidang Johnny G Plate Eks Menkominfo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jaksa lantas lanjut mencecar Plate terkait dengan rapat PMO tahun 2022. Ia bertanya apa saja yang dibahas dalam rapat tersebut. 

Plate kemudian menjelaskan, rapat tersebut isinya sama yakni melaporkan perkembangan pekerjaan di lapangan. Ia pun sempat marah saat mengetahui perkembangan pekerjaan proyek BTS 4G Kominfo ini cenderung lambat.

"Sama seperti seblumnya melaporkan pekerjaan perkembangan di lapangan. Setelah Bakti memanfaatkan Permenkeu 184 dan pekerjaan belum selesai, saya marah dan minta agar Bakti khususnya penyedia untuk bertanggung jawab atas hasil pekerjannya," kata Plate. 

"Ada pembahasan soal sanksi di penyedia jika tidak selesai putus kontrak? Denda?" tanya Jaksa lagi.

"Tidak ada pembahasan mengenai terms and condition contract. Yang ada pembahasan presentasi PMO menyangkut perkembangan pekerjaan. Jadi kami tidak membicarakan kontrak karena kewenangan diberikan kepada dirut bakti melalui Kominfo," pungkas Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya