Prabowo Dukung Perjuangan Palestina, Pakar: Konsistensi Politik di Isu Internasional

Menhan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dinilai sangat konsisten mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina untuk menjadi bangsa yang berdaulat.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Menurut Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi, sikap tersebut menunjukkan sisi patriotisme seorang Prabowo yang selaras dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia.

"Hal itu menunjukkan konsistensi politik Prabowo Subianto terhadap arah kebijakan politik luar negeri Indonesia yang mendukung penuh kemerdekaan Palestina," kata Ade, Rabu, 27 September 2023.

Ganjar: Manusia Mati Sekali tapi kalau Politisi Bisa Mati Berkali-kali

Ade mengatakan, momen seperti itu sangat menguntungkan bagi Prabowo karena statusnya sebagai bakal calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Selayaknya capres, menurut Ade, semua kegiatan Prabowo memiliki pengaruh terhadap peningkatan keterpilihannya di masyarakat.

Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan Kepala Kepolisian Palestina

Photo :
  • dok Kementerian Pertahanan
Prosepek Gencatan Senjata Menipis, Pemimpin Hamas dan Netanyahu Saling Menyalahkan

Ade menilai, kondisi yang saat ini dialami Prabowo sangat strategis untuk meningkatkan basis pemilih di kalangan pemilih Islam. Keuntungan tersebut semakin memperkuat posisi Prabowo di Pilpres 2024 mendatang.

"Momentum tersebut sangat strategis bagi Prabowo Subianto untuk memperkuat dukungan dari segmentasi politik Islam," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo menerima kunjungan kehormatan dari Kepala Kepolisian Palestina, Mayor Jenderal Yousef Al-Hilo di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 26 September 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo mengupayakan pemberian bantuan kepada Palestina dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. "Bapak Presiden juga memerintahkan saya untuk mencari bentuk-bentuk lain kita bisa bantu kemanusiaan bantu pendidikan," ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, sejumlah mahasiswa asal Palestina akan diterima di Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai bentuk dukungan di sektor pendidikan. Para mahasiswa tersebut akan belajar di berbagai jurusan yang dimiliki Unhan Indonesia seperti kedokteran, teknil sipil, teknik elektro dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya