Indonesia Tuan Rumah AALCO ke-61, Bahas Isu Hukum Internasional Penting

Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61 akan digelar di Bali
Sumber :
  • Istimewa

Bali - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan sesi tahunan Asian-African Legal Consultative Organization (AALCO) ke-61 di Bali pada 15-20 Oktober 2023 mendatang. 

Menkumham Ingin Transformasi Sistem Pemidanaan RI, Tak Hanya Penjara

Forum AALCO merupakan forum konsultasi negara Asia dan Afrika untuk menyamakan persepsi terhadap isu-isu hukum untuk memperoleh pandangan dan posisi bersama negara anggota AALCO. Forum ini merupakan tindak lanjut atas Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 di Bandung. Saat itu, Indonesia di bawah pimpinan Presiden Soekarno menjadi salah satu penggagasnya.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan sesi tahunan AALCO ke-61 akan membahas sejumlah isu hukum yang meliputi pembahasan agenda International Law Commission, isu hukum laut, isu Palestina dan Israel, isu lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, isu hukum dagang dan investasi internasional, isu perampasan aset, hingga isu hukum di luar angkasa. 

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

“Pembahasan isu-isu tersebut akan menghasilkan satu pandangan yang sama di antara anggota AALCO. Selanjutnya pandangan ini akan disampaikan pada pertemuan-pertemuan internasional, salah satunya pertemuan Perserikatan Bangsa-Bangsa,” kata Yasonna dalam keterangannya, Kamis, 28 September 2023.

Sesi tahunan AALCO nantinya akan dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, AALCO memiliki rangkaian side event yang membahas isu terkini di bidang hukum dalam ruang siber. Salah satunya diskusi untuk menerapkan dan memastikan penghormatan terhadap Hukum Humaniter Internasional (HHI).

Irak Sahkan UU Anti LGBT, Melanggar Bisa Dipenjara 15 Tahun

“Sebagai wujud komitmen Pemerintah RI untuk menerapkan dan memastikan penghormatan terhadap HHI, Kemenkumham dan International Committee of the Red Cross berkolaborasi dalam penyelenggaraan diskusi panel HHI. Kolaborasi ini bertepatan dengan peringatan ke-65 ratifikasi Konvensi Jenewa 1949 oleh Indonesia,” tuturnya.

Sesi tahunan AALCO juga turut menjadi forum bisnis untuk mendorong investasi di Indonesia serta memberikan informasi terkini tentang kebijakan hukum di bidang investasi. Selain itu, ada pula forum yang mendiskusikan perampasan aset di negara Asia Afrika.

“Indonesia memiliki pengalaman di bidang perampasan aset yang kompleks, melalui berbagai modus, dan melibatkan lebih dari satu yurisdiksi. Indonesia akan berbagai pengalaman ini dengan negara-negara anggota AALCO,” ucap Yasonna.

Seperti diketahui, sesi tahunan AALCO akan dihadiri 47 negara anggota, 2 negara pengamat tetap, 42 negara pengamat, 2 otoritas pengamat, dan 24 organisasi pengamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya