Geledah Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo, KPK Temukan Uang Puluhan Miliar

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah rampung melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Penggeledahan tersebut berlangsung sejak Kamis 28 September 2023 hingga Jumat siang.

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan saat penggeledahan di rumah dinas SYL ditemukan uang rupiah dan mata uang asing.

"Apa hasil dari proses penggeledahan yang sudah selesai, satu di antara dari rumah dinas menteri dimaksud. Dari informasi yang kami peroleh, ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing,” kata Ali Fikri di gedung merah putih KPK, Jumat 29 September 2023.

Saksi Ungkap Kaca Mata SYL Dibeli Pakai ‘Uang Haram’ Kementerian Pertanian

Pun, Ali tak menampik jika tim penyidik KPK juga membawa alat penghitung uang dalam proses penggeledahan tersebut. Tujuannya untuk menghitung jumlah uang secara akurat," jelas Ali.

Abah Anton Ngaku Tak Kapok Maju Pilkada Kota Malang: Ulama Milih Kita untuk Lakukan Perubahan

Ali menambahkan selain itu juga ditemukan beberapa dokumen seperti catatan keuangan dan pemberian aset bernilai ekonomis. “Serta dokumen lainnya yang terkait dengan perkara. Ditemukan juga barang bukti elektronik," ujar Ali.

Lebih lanjut, Ali beberkan jumlah uang yang ditemukan di rumah dinas SYL itu berkisar puluhan miliar. "Sejauh ini puluhan miliar yang ditemukan dalam penggeledahan dimaksud," kata Ali.

Dia menuturkan, saat ini alat bukti yang ditemukan di rumah dinas SYL itu akan dianalisis lebih jauh. 

Petugas polisi dan penyidik KPK di kantor Kementerian Pertanian.

Photo :
  • istimewa

Mentan SYL dikabarkan jadi Tersangka

Pihak KPK buka suara terkait kabar Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang ditetapkan sebagai tersangka. Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan jika memang benar ada tersangka, maka dalam sebuah kasus korupsi pasti akan disampaikan.

"Sebagaimana yang sering kami sampaikan, KPK hanya akan sampaikan seluruh proses penanganan perkara secara utuh pada saatnya setelah semua proses penyidikan cukup dilakukan," kata Ali Kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Dia menjelaskan sampai dengan saat ini KPK juga masih mengumpulkan sejumlah bukti lengkap. "Yang pasti pengumpulan bukti terus KPK lakukan," kata dia.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Kementan

Sebelum kabar SYL tersangka, KPK melakukan penggeledahan terhadap kediaman rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 28 September 2023.

Dari lokasi penggeledahan, tampak sejumlah petugas KPK mengeluarkan sebuah benda berbentuk mesin penghitung uang dari bagian bagasi mobil. Kemudian, benda tersebut dibawa masuk ke dalam rumah Mentan SYL.

Penggeledahan rumah dinas Mentan SYL di Kompleks Widya Chandra dilakukan sejak Kamis, 28 September 2023.

Namun, Ali mengaku belum bisa jelaskan hasil penggeledahan petugas masih bekerja di lapangan "Kegiatan sedang berlangsung," ujar Ali, Kamis, 28 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya