Anak Pamen TNI AU Ditemukan Tewas Terbakar, CCTV Ungkap Fakta Mengejutkan

Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardus Harapantua Simarmata
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sebanyak 18 kamera closed circuit television (CCTV) disita guna mengungkap kematian anak perwira menengah TNI AU berinisial CHR (16), yang ditemukan tewas dalam kondisi terbakar di Pos Spion Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Dari 18 CCTV, polisi menyebut cuma empat yang kedapatan merekam korban.

Kecanduan Judi Online, Pasangan Siri Nekat Curi Barang di Swalayan

"Lalu, dari 18 titik yg diidentifikasi yang kemarin sudah kita sampaikan pada saat doorstop yang lalu, di sekitar TKP (tempat kejadian perkarq), ternyata hasil analissa hanya 4 titik CCTV yang merekam korban," ucap Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardus Harapantua Simarmata kepada wartawan, Jumat 29 September 2023.

Berdasar rekaman empat kamera CCTV itu, nampak kegiatan korban sebelum kejadian. Korban nampak seorang diri sebelum kejadian menuju lokasi.

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

"Dari 4 CCTV yang kami sampaikan yang merekam kegiatan dari pada korban. Korban sendiri, kami sudah tarik sebelum dan sesudah," katanya.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya
Mabes TNI Mulai Bahas Strategi dan Taktik Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT WWF Bali

Dalam rekaman, lanjut Leonardus, korban terlihat mengayuh sepedanya menuju lokasi kejadian. Sepeda itu yang ditemukan polisi di sana.

"Dia menggunakan sepeda, ini sepeda yang kami temukan di TKP. Jadi dia mengayuh sendiri memang menuju ke TKP," katanya.

Sebelumnya diberitakan, belasan rekaman kamera closed circuit television (CCTV) diperiksa guna mengungkap penyebab pasti kematian anak perwira menengah (Pamen) TNI AU berinisial CHR (16), yang ditemukan dalam kondisi terbakar di Pos Spion Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Telah dilakukan pengecekan terhadap 11 titik CCTV yang sudah diidentifikasi di sekitar TKP (tempat kejadian perkara). Mengecek tujuh titik CCTV tambahan. Kalau kemarin 11, hari ini akan kami tambah 7. Jadi total ada 18 CCTV," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Leonardus Harapantua Simarmata kepada wartawan, Rabu, 27 September 2023.

Untuk diketahui, hasil autopsi menunjukkan terdapat beberapa luka pada dada anak perwira menengah TNI AU berinisial CHR (16), yang ditemukan tewas dengan kondisi terbakar di Pos Spion Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Luka pada dada diduga akibat senjata tajam (sajam). Hal itu diungkap Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati, Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto. Kata dia, proses autopsi dilakukan sejak kemarin. Diperkirakan CHR sempat mengalami pendarahan yang luar biasa.

"Ada luka di dada, luka seperti sayatan atau bacokan ya. (Mengakibatkan) ya, jadi dia ada pendarahan di rongga perutnya. Kehabisan darah, jadi karena luka yang cukup parah hingga ada darah keluar banyak di rongga perut jadi mengenai hati," kata dia kepada wartawan, Selasa 26 September 2023.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri, Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto

Photo :
  • ANTARA

Luka itu diduga didapat sebelum tubuhnya terbakar. Adapun dia menderita luka bakar 91 persen. Dari hasil autopsi, luka bakar yang diderita mencapai grade dua hingga tiga. Artinya telah masuk luka bakar parah lantaran bisa merusak jaringan secara lebih dalam dengan ciri-ciri tubuh berwarna hitam pekat.

Sebelumnya, jasad pemuda atau anak baru gede (ABG) ditemukan terbakar di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu malam, 24 September 2023. Kabar penemuan mayat di sana dibenarkan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Adrian P Damanik. Adapun pemuda itu diduga anak dari salah satu perwira menengah (pamen) TNI AU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya