12 Senpi Ditemukan di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo, Jenisnya S&W hingga Tanfoglio

KPK Lakukan Penggeledahan di Rumah Dinas Mentan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di kawasan Jakarta Selatan. Dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK menemukan 12 senjata api (senpi) berbagai jenis dan sejumlah uang.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Dirintelkam Polda Metro Jaya Kombes Hirbak Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya sudah menerima penyerahan barang bukti tersebut dari pihak KPK, dan saat ini sedang menelitinya.

"Senpinya berjenis ada S&W, Walther, Tanfoglio, dan lain-lain," ujar Hirbak dalam keterangannya, Sabtu 30 September 2023.

Gugatan Praperadilan Eks Karutan Ditolak, KPK: Dari Awal Kami Sangat Yakin

KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan RI Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Polisi pun dalam hal ini masih menyelidiki asal usul hingga legalitas dari 12 senpi, yang ditemukan di rumah Syahrul Limpo dan berkoordinasi dengan Baintelkam Polri.

Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin Mangkir dari Panggilan KPK Soal Pungli Rutan

"Sedang dikoordinasikan dengan Baintelkam untuk dicek izinnya," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, belasan senjata api tersebut ditemukan saat KPK menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo pada Kamis 28 September 2023 sore hingga Jumat 29 September 2023 siang.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian daerah, tentunya terkait dengan temuan dalam proses geledah dimaksud," ujarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Humas Kementan

Dalam proses penggeledahan, KPK juga menemukan uang Rp 30 miliar yang terdiri dari rupiah dan pecahan mata uang asing di rumah dinas Mentan.

Diduga kasus tersebut berkaitan dengan tindakan pemerasan sebagaimana diatur dalam Pasal 12 e UU Tindak Pidana Korupsi. KPK pun menyebut sudah menetapkan tersangka, meskipun belum membeberkan nama-namanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya