Bareskrim Polri Ambil Alih Penyelidikan Temuan 12 Senjata Api di Rumah Dinas Mentan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan
Sumber :
  • dok Polri

Jakarta – Bareskrim Polri resmi mengambil alih proses penyelidikan 12 senjata api (senpi) yang ditemukan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Belasan senpi itu ditemukan ketika KPK melakukan penggeledahan pada Kamis, 28 September 2023 sore hingga Jumat, 29 September 2023 siang.

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, belasan senpi itu diselidiki Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri untuk dilakukan pencocokan data.

"Sudah diamankan di Baintelkam Polri, tentunya akan diteliti, akan dicocokkan dengan data yang Baintelkam Polri," katanya.

Mantan Anak Buah SYL Sebut Kementan RI Bela-belain Bayar Rp 1 M Buat Sewa Private Jet

Terkait dengan legal tidaknya senpi tersebut, Ramadhan menyebutkan, pihaknya masih mendalami. Termasuk mendalami ada tidaknya unsur pidana terkait temuan belasan senpi tersebut. "Nanti kita sampaikan, masih didalami. Nanti segera kami sampaikan," ujar Ramadhan.

KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas Mentan RI Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Polri Buru WN Iran Pengirim 'Kado' Berisi 20 Ribu Ekstasi dari Belanda-Belgia

"Nanti dilihat dari data Baintelkam Polri, ini senjata milik siapa, kemudian senjata ini peruntukannya apakah untuk membela diri atau koleksi apakah untuk berburu, nanti ada di datanya Baintelkam Polri," katanya.

Belasan Senpi 

Sebelumnya diberitakan, rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah digeledah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak Kamis, 28 September 2023 sore hingga Jumat, 29 September 2023 siang. Penyidik KPK pun berhasil menemukan sejumlah senjata api (senpi) di rumdin Mentan SYL.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa telah mengamankan sejumlah senpi yang ditemukan ketika melakukan penggeledahan.

"Kami jelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian daerah (Polda) DKI Jakarta, tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Jumat, 29 September 2023.

Ali menuturkan senpi tersebut saat ini tengah dianalisis lebih dulu untuk memastikan keterlibatannya dengan kasus dugaan korupsi di Kementan RI.

"Kami ingin menjelaskan, begini saja, karena dalam proses penggeledahan tentu ada yang kami ambil kemudian kami analisis, adalah yang berkaitan dengan perkara ini," kata dia.

"Karena sekali lagi apa yang berikutnya kami lakukan analisis adalah yang berkaitan langsung dengan perkara yang sedang kami tangani," kata Ali menambahkan.

Selain senjata api, KPK juga menemukan sejumlah uang rupiah dan mata uang asing pada saat menggeledah rumah Mentan SYL.

"Apa hasil dari proses penggeledahan yang sudah selesai, satu di antara dari rumah dinas menteri dimaksud. Dari informasi yang kami peroleh, ditemukan antara lain sejumlah uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang asing,” kata Ali Fikri.

Ali tak menampik jika tim penyidik KPK juga membawa alat penghitung uang dalam proses penggeledahan tersebut. Tujuannya untuk menghitung jumlah uang secara akurat," kata Ali.

Ali menambahkan, selain itu juga ditemukan beberapa dokumen seperti catatan keuangan dan pemberian aset bernilai ekonomis. “Serta dokumen lainnya yang terkait dengan perkara. Ditemukan juga barang bukti elektronik," ujar Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya