Kejagung Geledah Kantor Kemendag Terkait Korupsi Impor Gula

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Kuntadi
Sumber :
  • ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menggeledah kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait dengan kasus dugaan korupsi impor gula pada Selasa, 3 Oktober 2023. 

Jawaban Menohok Kejagung soal Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan penggeledahan dilakukan setelah penyidik resmi meningkatkan status kasus dugaan korupsi impor gula itu ke tahap penyidikan.

"Terkait penyidikan impor hari ini dilakukan penggeledahan di Kementerian Perdagangan dan di PT PPI. Hasilnya? Mari kita tunggu," kata Kuntadi dalam konferensi pers, Selasa, 3 Oktober 2023. 

Ada Rp 48,5 Miliar Uang Milik Bupati Labuhanbatu yang Sudah Disita KPK

Gedung kementerian Perdagangan

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Kuntadi mengatakan, kasus dugaan korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam kegiatan impor gula di Kementerian Perdagangan diduga terjadi pada periode 2015-2023. 

BAP Korupsi Kementan Bocor ke SYL, KPK Duga Berasal dari Pengacara

Dalam rangka pemenuhan stok gula nasional dan stabilisasi harga gula nasional, Kemendag diduga telah melawan hukum menerbitkan persetujuan impor gula kristal mentah atau GKM. 

"Yang dimaksudkan untuk diolah menjadi gula kristal bibit atau GKB kepada pihak-pihak yang diduga tidak berwenang," jelasnya.

"Selain itu Kemendag diduga telah memberikan izin impor yang melebihi batas kuota maksimal yang dibutuhkan oleh pemerintah," ungkap Kuntadi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya