Lulusan SMA Tak Perlu Khawatir Ikut Tes CPNS 2023, Ini Caranya

Ilustrasi peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejak 20 September 2023. Tidak hanya untuk lulusan S1-S3, pemerintah membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA/sederajat. 

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Ada puluhan ribu formasi CPNS 2023 yang dibuka beberapa instansi pemerintah. Sebelumnya, diperkirakan ada sekitar 1.030.751 formasi CASN terdiri dari CPNS dan PPPK. Sayangnya, tahun ini hanya tersedia 572.496 formasi CASN, karena ada sejumlah instansi tidak mengajukan formasi.

Rinciannya, 72 instansi pemerintah mengusulkan 78.862 formasi ASN pemerintah pusat dan 493.634 formasi ASN pemerintah daerah. Tentu, para calon ASN harus melewati berbagai proses seleksi.

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Dok. Ribuan peserta mengikuti tes SKD CPNS 2020 di Gelanggang Remaja Surabaya.

Photo :
  • ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

Nah, para calon ASN tidak perlu khawatir karena bisa memilih mengikuti bimbel CPNS 2023 online agar terbantu terbiasa mengerjakan berbagai latihan soal. Salah satu bimbel CPNS 2023 online, yang bisa menjadi pilihan adalah Jadi ASN, di mana sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di Google Play Store, Apple Store, dan via website.

Salurkan Gaji hingga THR PNS, Sri Mulyani Sudah Gelontorkan Rp 70,7 Triliun

CEO JadiASN, Aditya Pratama Ghifary mengklaim antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendaftar bimbel CPNS melalui aplikasi ini. Bahkan, kata dia, jumlah peserta bimbel CPNS tahun 2023 mencapai ratusan ribu orang, meningkat sebanyak 300 persen dibandingkan dengan tahun 2021.

“Aplikasi JadiASN menyediakan lebih dari 4.000 latihan soal CPNS yang telah disusun oleh master tutor JadiASN, dengan berbagai variasi soal yang kemungkinan akan muncul dalam tes CPNS 2023,” kata Aditya melalui keterangannya pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kemenkumham dan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), di Kantor BKN Regional VII Palembang Selasa (1/9/2020).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dengan mengikuti program ini, kata dia, peluang untuk lolos CPNS 2023 semakin besar karena peserta akan terbiasa mengerjakan latihan soal dengan berbagai variasi. 

“Keuntungan yang bisa didapat yaitu live class eksklusif via Zoom, simulasi tryout, latihan soal, materi, dan grup diskusi. Live class eksklusif via Zoom bisa diakses secara gratis setiap Senin-Jumat pukul 19.00 WIB,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut dia, simulasi tryout akan memberi soal yang sudah disesuaikan dengan soal CPNS dan PPPK asli. Setiap 2 minggu sekali akan ada tryout gratis akbar serentak yang infonya bisa didapatkan melalui grup gratis dan Instagram @jadiasnofficial.

“Latihan soal yang diberikan dijamin jelas, tidak bertele-tele, to the point, memberikan cara cepat, dan singkat. Materi yang diperoleh berupa video yang sangat mirip dengan tes CPNS asli lengkap dengan pembahasannya. Grup diskusi dan belajar memudahkan peserta untuk saling berbagi informasi terkait update CPNS 2023,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya