Mentan SYL Hilang Kontak, Pimpinan KPK: Positive Thinking Aja, Mungkin cuma Tersesat

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango
Sumber :
  • ANTARA FOTO

JakartaMenteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo alias SYL dilaporkan menghilang atau lost contact saat bertugas di Eropa. Menghilangnya SYL itu pasca kabar KPK menetapkan statusnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Pembunuh Wanita dalam Koper Gasak Rp43 Juta, Sebagian Uang Dipakai Buat Ongkos Pulang ke Palembang

Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango turut buka suara terkait kabar SYL 'menghilang'. Dia mengatakan kabar hilang SYL sebaiknya direspons positif.

"Positive thinking aja, mungkin cuma tersesat. Kita berharap agar yang bersangkutan bisa segera temukan jalan yang benar, balik ke Indonesia," kata Nawawi kepada wartawan, Rabu 4 Oktober 2023.

Polisi Tetapkan Rio Reifan Tersangka Kasus Narkoba, Ini Barang Bukti yang Disita

Nawawi menyampaikan meski SYL dikabarkan hilang tapi proses penyidikan dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian atau Kementan itu tetap diproses penyidik KPK. "Yang pasti, proses penyidikan perkara akan terus dilakukan satgas sidik," jelas mantan hakim tersebut.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Nurul Ghufron Sempat Ngadu ke Alex Sebelum Bantu ASN Kementan Mutasi ke Jatim

Pun, Nawawi belum bisa memastikan terkait upaya pencegahan yang akan diajukan KPK. Sebab, ia menekankan saat ini pihaknya hanya menunggu kepulangan Syahrul Yasin Limpo.

"Orangnya diketahui pasti masih di luar, ngapain dicegah. (Ketika pulang) kita lihat saja nanti," tutur Nawawi.

Sebelumnya, Wakil menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qalbi mengaku kehilangan kontak dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo usai dikabarkan jadi tersangka dugaan kasus korupsi oleh KPK. Menurut dia, kabar terakhir SYL berada di Spanyol untuk kunjungan kerja.

“Betul (posisi terakhir di Spanyol). Sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri, karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri,” kata Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Photo :
  • DPR RI

Harvick menuturkan SYL melakukan kunjungan kerja bersama rombongan pejabat eselon I dan II Kementan ke Spanyol pada akhir September 2023. Namun, kata dia, ketika rombongan hendak pulang tapi SYL berpisah.

“Kembali ke Tanah Airnya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah,” jelas dia.

Adapun dari pihak Partai Nasdem membantah kalau koleganya yaitu SYL sengaja menghilang di Eropa. Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni mengatakan SYL akan kembali ke Tanah Air pada Kamis besok, 5 Oktober 2023.

Menurut Sahroni, SYL bukan menghilang tapi memang karena tengah berobat lantaran ada sakit prostat. Dia bilang Ketua Umum Nasdem Surya Paloh juga sudah meminta SYL untuk segera pulang ke Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya