Pandawara Group Klaim Sudah Izin Aparatur Desa dan DLH Kabupaten Sukabumi

Pandawara, aktivis bersih-bersih sampah ajak warga bersihkan sampah di Lampung
Sumber :
  • Tangkapan layar Pandawara Group

Jawa Barat – Pandawara Group akhirnya turut buka suara terkait dengan pemberitaan yang beredar bahwa mereka tidak diberikan izin membersihkan pantai di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan terancam akan dilaporkan ke polisi. 

Menikah dengan Ria Ricis, Teuku Ryan: Batin Saya Tertekan, Cenderung Tak Dihargai

Kelompok pemuda asal Bandung ini sebelumnya menghaturkan permintaan maaf terlebih dahulu apabila ada ucapan, perilaku dan tingkah laku yang sekiranya kurang berkenan di hati masyarakat.

Pandawara Group

Photo :
  • Instagram @pandawaragroup
Komentari Video Klarifikasi Teuku Ryan, Ria Ricis: Sekarang Aku Tahu!

“Sebelum itu mohon maaf bila ada ucapan, perilaku dan tingkah laku dari kita yang kurang berkenan di hati bapak ibu semuanya,” ungkap Pandawara Group yang dikutip dari video di akun Instagram @pandawaragroup pada Rabu, 4 Oktober 2023. 

Mereka izin memberikan pendapat menurut persepsi dan asumsi Pandawara bahwa terjadinya pencemaran lingkungan lebih membuat mereka dan seluruh masyarakat Indonesia malu di mana pun lokasi dan daerahnya berada. 

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Pandawara Group

Photo :
  • Instagram @pandawaragroup

Sehingga niat dan tujuan mereka hanyalah untuk membersihkan atau mengurangi sampah yang ada di pantai Pesisir Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Jika sebelumnya mereka disebut tak diizinkan oleh pihak Kepala Desa (Kades) Sangrawayang, namun diklarifikasi bahwa Pandawara nyatanya telah mendapatkan izin dan berkoordinasi dengan aparatur desa setempat dan DLH Kabupaten Sukabumi. 

“Sebelum itu kita ingin meluruskan pada tanggal 29 September pada hari Jumat, kita telah datang dan mendapatkan izin serta telah berkoordinasi dengan aparatur desa setempat dan DLH Kabupaten Sukabumi untuk menjelaskan perihal terkait pembersihan yang kita akan lakukan,” jelas Pandawara. 

Pantai Cibutun di Kabupaten Sukabumi ini juga adalah temuan pantai keempat yang kondisinya menurut mereka benar-benar darurat dan harus segera ditangani lebih lanjut. 

Mereka juga mengatakan bahwa tidak pernah mengklaim hasil bersih-bersih lingkungan adalah berkat Pandawara Group, melainkan karena kerja sama dan partisipasi instansi terkait serta seluruh lapisan masyarakat. 

“Tapi selalu kita sebutkan bahwasanya itu adalah hasil kolaborasi antara instansi terkait dan masyarakat yang ikut berpartisipasi,” ucap kelima pemuda Bandung tersebut. 

Selain itu, Pandawara Group juga selama ini hanya menyampaikan kritik dan tujuan yang tak lain dan tak bukan adalah ingin membangunkan kesadaran dari seluruh masyarakat Indonesia. 

Oleh karena itu, sesuai dengan rencana awal, Pandawara akan tetap melaksanakan kegiatan bersih-bersih di pantai Cibutun, Kabupaten Sukabumi pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya