Rekaman CCTV di TKP Tewasnya Ajudan Kapolda Kaltara Terkuak, Ini Faktanya

Jasad ajudan Kapolda Kalimantan Utara yakni Brigpol SH saat akan diautopsi.
Sumber :
  • tvOne/ Didiet Cordiaz

Jakarta - Mabes Polri turun tangan menyelidiki kasus tewasnya rigadir Setyo Herlambang, ajudan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Pol Daniel Adityajaya. Salah satunya dengan menganalisa rekaman CCTV di lokasi tewasnya Brigadir Setyo.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Dari hasil analisa CCTV, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan tidak ada orang lain selain Brigadir Setyo di tempat kejadian perkara (TKP). 

"Hasil analisa CCTV dari sebelum kejadian sampai terjadinya peristiwa kejadian tersebut dari CCTV tidak ada orang lain yang masuk ke dalam kamar tersebut," kata Ramadhan dalam konferensi pers, dikutip Rabu, 4 Oktober 2023.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan

Photo :
  • dok Polri

Fakta tersebut terungkap setelah Tim Asistensi Bareskrim Polri ikut melakukan olah TKP pada 26 September 2023. Dalam olah TKP itu, pihaknya mengamankan dua unit CCTV yang merekam ke arah pintu masuk kamar dan bagian samping jendela kamar.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Tim telah turun dengan membawa alat-alat lengkap dengan metode scientific crime investigation untuk mengungkap kejadian untuk mengungkap peristiwa tersebut diantaranya untuk melakukan olah TKP," ungkapnya.

Tak hanya menganalisa rekaman CCTV Tim Asistensi Bareskrim Polri juga mengambil sidik jari, mengamankan sampel proyektil, selongsong peluru, sisa residu, DNA, sampai ponsel dari Brigadir Setyo yang ditemukan di sekitar TKP.

"Hasil sidik jari dan hasil DNA, DNA itu diambil di bagian magazine. Kemudian senpi yang ada di TKP dimana sedang dalam proses, hasil DNA tersebut untuk menguatkan dengan sidik jari yang ada di TKP nanti ini membutuhkan waktu 10-14 hari kedepan (analisa)," ucapnya.

"Ya, hp juga, hp sedang diperiksa, sudah dalam proses. Ini menggunakan password ya. Nanti kita akan sampaikan," pungkas Ramadhan.

Sebelumnya diberitakan, Brigadir Setyo Herlambang pengawal pribadi Kapolda Kaltara ditemukan tewas bersimbah darah di kamarnya yang berada di rumah dinas milik Kapolda Kaltara. Brigadir Setyo ditemukan tewas dengan luka tembak di dada pada Jumat 22 September 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun angkat bicara atas kasus tewasnya Brigadir Setyo. Kapolri memastikan Polri akan transparan dalam mengungkap kasus tewasnya Brigadir Setyo.

"Saya kira terkait dengan masalah peristiwa yang terjadi (di Kaltara) saya kira dari awal sudah saya sampaikan bahwa Polri transparan," ujar Listyo di Universitas Aisyiyah (UNISA), Kabupaten Sleman, DIY, Jumat 29 September 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri

Listyo mengungkapkan saat ini sejumlah personel dari Mabes Polri telah diterjunkan ke Kaltara untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir Setyo. Personel yang diturunkan ini berasal dari Bareskrim hingga Propam Mabes Polri.

"Kemarin dari Bareskrim sudah turun. Propam turun, kompolnas turun. Tentunya semuanya sedang bekerja," tutur Listyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya