Mentan Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan Tiba Malam Ini, Begini Situasi di Rumah Dinasnya

Situasi Rumah Dinas Mentan SYL Jelang Kepulangannya dari Luar Negeri
Sumber :
  • VIVA/ Zendy Pradana

Jakarta Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, dikabarkan akan tiba di Jakarta pada Rabu malam ini 4 Oktober 2023. Sebelumnya Mentan SYL berada di luar negeri. Kehadiran politisi Partai Nasdem itu ditengah kabar dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Dimana dia diakbarkan telah menjadi tersangka.

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

Berdasarkan pantauan VIVA di rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo, saat ini tampak sepi. Namun sekira pukul 18.19 WIB terlihat sebuah minibus berkelir hitam, keluar dari rumah dinasnya di kawasan Kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta..

Tak ada seorang pun di dalam minibus yang keluar tersebut. Kemudian terlihat beberapa orang beraktivitas keluar masuk kediaman tersebut.

4 Tersangka Kasus Penganiayaan Taruna STIP hingga Tewas Terancam 15 Tahun Penjara

Syahrul Yasin Limpo ketika terbang menuju ke Jakarta, menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SQ964. Pesawat yang dugunakan Syahrul Yasin Limpo terlihat mendekati pulau Jawa pada Rahu 4 Oktober 2023 sore tadi. Dia diketahui menggunakan Singapore Airlines dari Bandara Changi, Singapura.

“Melaporkan penumpang a.n Bapak Syahrul Yasin Limpo terjadwal pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 mengunakan pesawat Singapore,” ujar sumber yang dikutip dari tvonenewes.com, Rabu 4 Oktober 2023.

Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

“Airlines rute SIN-CGK dengan nomor penerbangan SQ964,” tambahnya. Syahrul Yasin Limpo dikabarkan akan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada pukul 18.05 WIB.

KPK Sebut Sudah Ada Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian RI sudah ada tersangka yang telah ditetapkan. Kendati, KPK belum merincikan identitas tersangka itu.

"Seringkali sudah kami jelaskan bahwa siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkaranya seperti apa, pasti pada saatnya akan kami sampaikan," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di gedung merah putih pada Jumat 29 Septemver 2023.

Ali menjelaskan kalau saat ini dugaan korupsi di Kementan RI sudah masuk ke tahap penyidikan. Artinya, setiap kasus yang ada di KPK jika sudah naik ke tahap penyidikan maka kasus itu sudah ada tersangkanya.

"Dalam proses penyidikan itu pasti kemudian pihak yg ditetapkan sebagai tersangka. namun siapa tsk dan apakah pihak tersangka pada saatnya nanti kami akan umumkan," kata Ali.

Dia memastikan penetapan tersangka itu tidak ada unsur politik di dalamnya.

Dirjen Imigrasi Sebut Belum Cegah Mentan SYL

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada permintaan untuk mencegah Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Tidak ada permintaan cegah, tangkal kepada Pak Mentan," ujar Silmy Karim kepada wartawan di Jakarta, Rabu 4 Oktober 2023.

Silmy mengatakan, Syahrul Yasin Limpo pergi keluar negeri pada 25 September 2023. Syahrul pergi menggunakan paspor kedinasan.

"Yang jelas Pak Mentan meninggalkan Indonesia 25 September menuju Roma kemudian menggunakan Qatar Airways, kemudian dengan detail itinerary yang saya rasa Kementerian Pertanian ini tugas kedinasan karena menggunakan paspor diplomatik," kata Silmy.

Silmy juga tak merinci keberadaan SyahrulYasin Limpo saat ini. Sebab, Syahrul belum tercatat keberadaannya ada di Indonesia. "Yang saya bisa pastikan sampai saat ini belum ada di Indonesia," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya