Mobil Audi A6 Milik Mentan SYL Diamankan KPK saat Geledah Rumah Pribadi di Makassar

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah rampung melakukan penggeledahan di rumah pribadi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo di Jalan Pelita Raya dan Jalan Bumi 13 Blok C Perum BPH Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu 4 Oktober 2023 kemarin. KPK mengamankan sejumlah dokumen dan satu unit mobi mewah.

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

"Dari lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti antara lain berupa 1 unit mobil merek Audi A6 dan sejumlah dokumen," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri Ali Fikri, Kamis 5 Oktober 2023.

Ali menyebut saat ini sejumlah bukti yang ditemukan saat penggeledahan itu masih akan dilakukan analisis lebih lanjut untuk melakukan kelaikan penyitaan.

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

"Penyitaan sekaligus analisis masih dilakukan untuk melengkapi berkas perkara penyidikan ini," kata dia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
KPK Ngaku Ada Pihak yang Menghambat Kasus TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba

Penggeledahan dilakukan KPK di rumah Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo, Jalan Pelita Raya, Makassar, Sulsel, Rabu, 4 Oktober 2023.

"Benar hari ini tim penyidik melanjutkan penggeledahan di Kota Makassar," kata Ali Fikri.

Ali pun belum merincikan secara detail terkait dengan penggeledahan tersebut. Alasan Ali karena kemarin kegiatan penggeledahan masih berlangsung. "Kegiatannya masih berlangsung dan segera setelah selesai akan kami sampaikan hasilnya," kata dia.

 Ali juga turut menjelaskan hasil dari penggeledahan yang dilakukan KPK di rumah salah satu tersangka dugaan korupsi di Kementan RI. Penggeledahan tersebut dilakukan di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK berhasil mengamankan sejumlah dokumen yang diduga ada hubungannya dengan dugaan korupsi di Kementan. "Ditemukan berikut diamankan bukti antara lain berupa dokumen yang berisi catatan penting kaitan dengan perkara ini," ujarnya.

Sudah Ada Tersangka

KPK menyebut dalam dugaan kasus korupsi di Kementan sudah menetapkan status tersangka. Namun, lembaga anti rasuah itu belum merincikan identitas tersangka itu.

"Seringkali sudah kami jelaskan bahwa siapa yang ditetapkan sebagai tersangka, konstruksi perkaranya seperti apa. Pasti pada saatnya akan kami sampaikan," kata Ali Fikri di gedung Merah Putih pada Jumat 29 September 2023.

Ali jelaskan saat ini dugaan korupsi di Kementan RI sudah masuk ke tahap penyidikan. Artinya, kata dia, setiap kasus yang ada di KPK jika sudah naik ke tahap penyidikan maka sudah ada tersangkanya.

"Namun, siapa tersangka dan apakah pihak tersangka pada saatnya nanti kami akan umumkan," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya