5 Fakta Syahrul Yasin Limpo soal Kasus Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK

Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.
Sumber :
  • ANTARA Foto

Jakarta - Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo telah ditetapkan menjadi tersangka dalam dugaan korupsi atas kasus pemaksaan dalam jabatan atau pemerasan.

KPK Optimis Praperadilan Mantan Karutan Akan Ditolak Hakim

Dalam kasus dugaan korupsi yang melibatkan Syahrul Yasin Limpo ada dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK yaitu Firli Bahuri. Berikut beberapa faktanya, dilansir dari berita VIVA sebelumnya:

1. Polisi Benarkan

Usai Geledah Ruang Kerja, KPK Panggil Lagi Sekjen DPR Indra Iskandar

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Polda Metro Jaya membenarkan bahwa pihaknya tengah menangani kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yaitu Firli Bahuri dalam menangani kasus dugaan korupsi Syahrul Yasin Limpo.

Anggaran Kurang Jadi Alasan Polisi Kirim Tilang Lewat WA, Sebulan 1 Juta Pelanggaran

"Pertama kita ketahui hari ini 5 Oktober 2023 tadi kita telah melakukan serangkaian proses penyelidikan yang dilakukan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya," ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

2. Berawal dari Aduan

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • Antara

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, awalnya menerima pengaduan masyarakat (Dumas) terkait permasalah pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK pada 12 Agustus 2023. Kemudian pihaknya menindaklanjuti dengan menelaah dan memverifikasi dumas tersebut.

"12 Agustus 2023 tim penyelidik telah menerima dumas terkait dengan adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK RI dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI pada tahun 2021," kata Ade Safri.

3. Pimpinan KPK Bantah

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9

Photo :
  • KPK

Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Firli Bahuri membantah bahwa dirinya meminta dana atau pun melakukan pemeran terhadap Syahrul Yasin Limpo dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Ia menjelaskan bahwa banyak pihak yang mencatut nama lembaga antirasuah beserta pimpinannya.

"Beberapa waktu lalu saya cek dengan Mas Ali, beberapa kali terjadi penyalahgunaan foto mengatasnamakan pimpinan KPK dan menghubungi kepala daerah bahkan menteri untuk meminta sesuatu," ujar Firli Bahuri di gedung merah putih KPK, Kamis 5 Oktober 2023.

4. Polisi Periksa 6 Orang

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Polisi telah memeriksa enam orang dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo dalam menangani kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

"Setelah terbitnya surat perintah penyelidikan tertanggal 21 Agustus 2023, kemudian tim penyelidik mulai melakukan undangan klarifikasi terhadap enam orang," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

Dari enam orang itu, kata Ade, salah satunya adalah Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Kemudian sisanya adalah sopir dan ajudan dari Mentan SYL. Dirinya menambahkan, saat ini proses penyelidikan kasus ini masih berlangsung. Apabila ada perkembangan maka akan dibeberkan.

5. Beredar Foto Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya beredar foto yang memperlihatkan pimpinan KPK yaitu Firli Bahuri dan Syahrul Limpo yang sedang asik mengobrol di lapangan bulutangkis. Padahal Firli sempat mengungkapkan bahwa dirinya dan KPK tidak akan melakukan hubungan dengan seseorang yang tengah berperkara dalam kasus korupsi.

"Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saya, memang saya sering melakukan olahraga bulu tangkis. Setidaknya itu dua kali dalam seminggu," ujar Firli kepada wartawan saat konferensi pers di gedung merah putih KPK pada Kamis 5 Oktober 2023 malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya