Soal Dugaan Pimpinan KPK Peras Syahrul Limpo, Ini Kata Jokowi

Presiden Jokowi di Rakernas Korpri, Hotel Mercure, Ancol, 3 Oktober 2023.
Sumber :
  • BPMI Setpres/Muchlis Jr

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, saat ini dirinya tengah mencari informasi terkait kasus pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firil Bahuri, kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Isu pemerasan itu diduga terkait penanganan perkara dugaan korupsi di Kementan yang dilakukan KPK.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Saat ditanya, jika nantinya ada desakan untuk menonaktifkan pimpinan KPK, Jokowi mengatakan belum dapat berkomentar lebih lanjut. Sebab, tegasnya dia belum mendapatkan informasi secara detail. 

"Saya belum tahu permasalahannya secara detail. Saya belum mendapatkan informasi secara detail, karena masalahnya masih simpang siur seperti ini," ujar Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023. 

Eks Penyidik KPK: Siapa Saja Bisa Daftar Capim KPK Termasuk Irjen Karyoto

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

Jokowi mengatakan, informasi itu diperlukan agar tidak menimbulkan spekulasi bahwa dirinya melakukan intervensi terkait kasus tersebut. 

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Dan saya kalau komentar, nanti ada yang bilang mengintervensi. Jadi saya ini masih mencari informasi-informasi sebetulnya kasus ini seperti apa? Tapi itu memang adalah urusan penegakan hukum, jangan sampai kalau saya mengomentari lebih awal ada yang menyampaikan intervensi," jelasnya. 

Sebelumnya, beredar sebuah foto yang menampilkan keakraban antara ketua KPK Firli Bahuri, yang asik mengobrol Syahrul di lapangan bulutangkis. Firli tampak mengenakan pakaian olahraga bulutangkis warna dominan biru gelap dan putih. Terlihat pula, Syahrul Yasin Limpo tampak mengenakan batik berkelir dan celana jeans biru.

Kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ini sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan dalam tahap penyelidikan. Terkait kasus itu, politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo (SYL) memutuskan mundur sebagai Menteri Pertanian. Dia pun sudah diperiksa polisi pada Kamis.

Menkopolhukam Mahfud MD

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengaku sudah mendapatkan informasi bahwa Syahrul Yasin Limpo sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi oleh Penyidik KPK.

“Bahwa dia sudah tersangka? Ya saya sudah dapat informasinya. Malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama kalau tersangka, tapi resminya sebagai tersangkanya itu ya sudah dikeluarkanlah,” kata Mahfud.

Namun, Mahfud tidak mengetahui kapan pastinya Syahrul Limpo dijadikan tersangka kasus korupsi oleh KPK. Sebaiknya, kata dia, ditanyakan kepada KPK yang menangani perkara tersebut.

“Ya nanti tanya ke sana aja (KPK),” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya