PON 2024 Aceh-Sumut, Jokowi Ingatkan Ada Potensi Ekonomi

Presiden Jokowi olah raga pagi di Istana Bogor bersama tiga Kepala Staf Angkatan
Sumber :
  • Twitter Sekretariat Negara @KemsetnegRI

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) di Istana Kepresidenan Jakarta terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 9 Oktober 2023.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, akan Dihadiri Ratusan Pencinta Trail di Indonesia

“Kami baru saja melaksanakan ratas bahwa PON Aceh-Sumut, ini sudah mendekati saatnya di bulan September 2024. Dan persiapannya harus dipastikan, terutama dari segi cabang olahraganya, dari segi kesiapan venue-nya dan anggarannya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menurut dia, Presiden Jokowi telah memberikan arahan termasuk dalam lingkup bagaimana menyiapkan promosi wisata di masing-masing provinsi dan sekitarnya untuk memastikan bahwa PON 2024.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

“Ini tentunya akan menghadirkan geliat ekonomi serta dampak terhadap peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di HUT ke 78 TNI

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Adapun, Sandi merinci destinasi yang ada di Sumatera Utara dan Aceh. Di Sumatera Utara, kata dia, ada destinasi super prioritas misalnya Danau Toba dan destinasi-destinasi eco tourism lain. Di Aceh, lanjut dia, bisa dikemas sebagai bagian daripada wisata religi dan wisata yang berkaitan dengan 20 tahun peringatan bencana tsunami.

“Ini akan kami siapkan sekaligus juga acara pembukaan dan penutupannya, yang kita harapkan akan mampu untuk menjadikan kesuksesan bagi PON 2024,” jelas dia.

Sementara Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Suwarno mengatakan pembukaan PON akan dilakukan di Aceh pada 8 September 2024, dan penutupan dilaksanakan di Sumatera Utara pada 20 September 2024. Menurut dia, ada 65 cabang terbagi menjadi dua yakni sebanyak 32 cabang olahraga di Aceh dan 33 cabang olahraga di Sumatera Utara. 

Sandiaga Uno

Photo :
  • tvOne/ Didiet Cordiaz

“Untuk sepak bola, itu kita pisah menjadi dua yakni putera di Aceh dan putri di Sumatera Utara. Berkuda pacuan di Aceh, equastrian ada di Sumatera Utara. Sehingga, kadang-kadang mereka ngitungnya satu cabang olahraga satu provinsi, padahal terbagi dua, dengan satu cabor masing-masing dikenal dengan disiplin,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, itu nanti akan dilakukan pembangunan dan renovasi venue di dua provinsi untuk persiapan PON di Aceh dan Sumatera Utara. “Akan dilakukan 13 pembangunan venue renovasi dan satu venue dayung pembangunan baru. Yang mengerjakan PUPR, sehingga kami yakin semuanya itu akan selesai paling lambat Juli akhir atau Agustus tahun depan. Pasti akan siap,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya