IPW: Kombes Irwan Ternyata Suami dari Keponakan Eks Mentan Syahrul Yasin limpo

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar
Sumber :
  • VIVA/Didiet Cordaz

Jakarta – Indonesia Police Watch (IPW) menyebut kalau Kapolres Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar punya hubungan dengan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri.

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

"Kombes Irwan Anwar adalah kerabat dari SYL dan mantan anak buah dari FB. Peran dia sebetulnya tidak pernah menduga akan meledak seperti ini kasus," ucap Ketua Indonesia Police Watch IPW, Sugeng Teguh Santoso kepada wartawan, Selasa 10 Oktober 2023.

Politikus Nasdem Syahrul Yasin Limpo mundur dari posisi Menteri Pertanian.

Photo :
  • ANTARA Foto
Eks Anak Buah SYL Ungkap BPK Minta Uang Terbitkan WTP Kementan, KPK Diminta Lakukan Ini

Kombes Irwan adalah suami dari Andi Tenri Gusti Harnum Utari Natassa yang merupakan keponakan SYL. Irwan dan Andi menikah tahun 2020 lalu. Sedangkan hubungan Irwan dengan Firli, keduanya saling kenal ketika berdinas di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Firli jadi Kapolda, sementara Irwan Direktur Reserse Kriminal Umum di sana.

"Peran dia sebenarnya hanya ingin membantu SYL sebagai pamannya, om nya karena dia menikahi keponakan dari SYL. Dia (Kombes Irwan) ingin membantu titipan dari pamannya saja. Sehingga dia tidak punya niat jahat yang lain. Nah ternyata kasus ini meledak karena SYL membuka dugaan pemerasaan, dia terseret dalam arus perseteruan antara SYL dengan KPK dengan FB," kata dia.

Direktorat Kementan Kumpulkan Rp 1 Miliar Biayai SYL Kunker ke Arab Saudi Sekalian Umrah

Maka dari itu, Sugeng melihat peran Irwan sangat penting dalam kasus dugaan pemerasan itu terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Mentan. Menurutnya, Polda Metro Jaya perlu melindunginya sebagai saksi kunci.

"Jadi memang, IPW melihat kombes irwan ini menjadi saksi kunci penting. Benarkah ada dugaan pemerasaan oleh pimpinan KPK FB kepada SYL. dia menjadi saksi kunci penting ya, oleh karena itu kombes irwan anwar wajib dilindungi oleh penyidik polda metro jaya," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Kapolres Kota Besar Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar disebut punya peran besar dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kasus dugaan pemerasan itu terkait penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 era Syahrul Yasin Limpo alias SYL sebagai Mentan.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Menurut Ketua Indonesia Police Watch IPW, Sugeng Teguh Santoso menyebut Irwan adalah saksi kunci dalam kasus tersebut.

"Kombes Irwan Anwar adalah saksi kunci di dalam perkara dugaan pemerasan, gratifikasi yang disebutkan oleh SYL kepada pimpinan KPK yang menyeret nama F," ujar dia kepada wartawan, Senin 9 Oktober 2023.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya sudah meminta keterangan Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, terkait kasus dugaan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK, dalam penanganan perkara di Kementan pada 2021.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Namun, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak enggan mengungkap kapan Kombes Irwan dimintai keterangan. Menurut dia, Kombes Irwan, diperiksa sebagai saksi dalam proses penyelidikan.

"Benar (Kombes Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," ucap Ade Safri saat dikonfirmasi, Minggu, 8 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya