Jokowi Ajak Delegasi Forum AIS 2023 Tetap Kolaborasi di Tengah Dunia Sedang Terbelah

Presiden Jokowi membuka KTT Archipelagic and Island States Forum (AIS) 2023
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka rapat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara-negara Pulau dan Kepulauan atau KTT Archipelagic and Island States Forum (AIS) 2023 di Bali pada Rabu, 11 Oktober 2023. Menurut dia, Forum AIS ini sangat penting untuk menetapkan arah kolaborasi ke depan.

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum

“Ada tiga hal yang perlu kita dorong,” kata Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Pertama, kata Jokowi, solidaritas, kesetaraan, inklusivitas adalah prinsip yang menjadi pegangan bersama. Kedua, prioritas pada kerja sama konkret, yang disesuaikan dengan kebutuhan penerimaan. 

Inisiatif untuk Menekan Dampak Pemanasan Global Terus Dilakukan

Presiden Jokowi buka forum AIS

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

“Ketiga, kerangka kerja sama yang tangguh dan dinamis untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” ujarnya.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Yang Mulia, lanjut Jokowi, kepentingan negara kepulauan dan kepentingan negara berkembang secara konsisten terus Indonesia suarakan, baik saat KTT G20 2022 maupun dalam KTT ASEAN dan KTT AIS tahun ini. 

“Indonesia juga berkomitmen menyiapkan dana hibah untuk dimanfaatkan bagi kepentingan negara kepulauan dan negara berkembang,” jelas dia.

Oleh karenanya, kata Jokowi, Indonesia ingin mengajak seluruh negara yang hadir tetap memilih untuk terus menjalin kesatuan di tengah kondisi dunia sedang terbelah.

“Marilah kita tetap memilih untuk terus menjalin kesatuan dan terus menjalin kolaborasi walaupun di tengah kondisi dunia yang terbelah. Mari berjalan bersama,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya