Muhammadiyah Minta Warga Indonesia Tak Terprovokasi soal Perang Israel-Palestina

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti hadir di Muktamar NU Lampung
Sumber :
  • Muhammadiyah

Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meminta kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar tidak mudah terprovokasi melihat perang antara Israel dengan Palestina yang sedang bergejolak saat ini.

Majelis Umum PBB Dukung Palestina Jadi Anggota Penuh, 9 Negara Menolak Termasuk AS

Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menegaskan bahwa permintaan itu bertujuan untuk mencegah adanya pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan politik tertentu. Sehingga, kata dia, dapat menimbulkan konflik di Indonesia.

"Mengimbau kepada semua pihak di tanah air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif serta tidak terprovoaksi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang
disampaikan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk
kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri," kata Abdul Mu'ti saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu, 11 Oktober 2023.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Diserang Israel, Warga Dunia Serukan Bebaskan Palestina

Photo :
  • (Darryl Dyck/The Canadian Press via AP)

PP Muhammadiyah juga mendorong pemerintah Indonesia agar lebih memperkuat langkah-langkah dan bekerja sama dengan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) serta organisasi islam lainnya untuk membantu menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Top Trending : Pengalaman Tinggal Dekat Landasan Udara hingga Anak Kiai Sering Open BO Waria

"Meminta kepada pemerintah Indonesia untuk lebih proaktif dan memperkuat langkah-langkah maju
yang telah dilakukan selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa, Organisasi Kerjasama Islam, dan jalur-jalur lainnya," kata dia.

VIVA Militer: Pertempuran di perbatasan Israel.

Photo :
  • VIVA Militer

Tak hanya itu, Muhammadiyah juga mengecam keras tindakan Israel yang menggempur jalur Gaza. Muhammadiyah berharap agar Israel tak memanfaatkan perang untuk melakukan agresi terhadap wilayah-wilayah Palestina lainnya.

"Menyerukan agar Israel tidak memanfaatkan perang ini untuk terus melakukan aneksasi dan agresi terhadap wilayah dan bangsa Palestina demi tegaknya perdamaian di kawasan yang penuh gejolak ini," kata Abdul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya