Irjen Karyoto Ungkap Alasan Pihaknya Mau Periksa Firli soal Dugaan Pimpinan KPK Peras SYL

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto
Sumber :
  • Galih Purnama (VIVA)

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Karyoto mengungkap alasan pihaknya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri. Pemeriksaan itu terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

BPK Janji Usut Oknum Auditor yang Palak Kementan Rp 12 Miliar Agar Dapat WTP

Karyoto mengatakan dengan memeriksa Firli, pihaknya mau mencari tahu dugaan keterlibatan purnawirawan Polri dalam kasus tersebut

"Ya kaitannya dong, terkait apa tidak," kata Karyoto kepada wartawan, Jumat 13 Oktober 2023.

Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Firli dinilai sudah laik diperiksa. Menurut mantan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK itu, Firli bakal diperiksa sebagai saksi. Adapun pihaknya telah membuat jadwal pemeriksaan. Namun, belum dibeberkan terkait waktunya.

Kata Pimpinan KPK soal Jaksa Bakal Hadirkan Pengacara Febri Diansyah di Sidang SYL

"Ya kalau memang sudah laik untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan," ujarnya lagi.

Sebelumnya, Karyoto menyampaikan akan melakukan pemanggilan terhadap Ketua KPK, Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK. Namun, dia tidak merinci kapan pemeriksaan bakal dilakukan. Dia bilang, penyidik yang akan menentukan harinya.

"Itu penyidik, nanti saya tanya penyidik. Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, saya enggak tahu secara detail," kata Karyoto, Jumat 13 Oktober 2023.

Ketua KPK Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam dugaan pemerasan pimpinan KPK ke SYL, Polda Metro Jaya menaikkan status kasusnya ke penyidikan. Kasus dugaan pemerasan itu dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Krimina Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Dalam kasus ini sudah ada laporannya e Polda Metro Jaya. Adapun SYL juga sudah diperiksa Polda Metro Jaya, belum lama ini.

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang memeras SYL dispekulasikan dilakukan Firli Bahuri. Spekulasi itu mencuat seiring sempat beredarnya foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli sudah menepis dugaan pemerasan tersebut. Dia pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Dia menyebut foto tersebut beredar setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Dia jelaskan, pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

Kata Firli, foto di lapangan bulu tangkis itu juga terjadi dalam kondisi beramai-ramai di tempat terbuka.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan, itupun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya