Pj Gubernur Sumsel Ajak Media Bersinergi Atasi Karhutla

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni
Sumber :
  • Sadam Maulana (Palembang)

Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, mengajak seluruh insan pers yang tergabung dalam organisasi wartawan dan perusahaan pers di Sumsel untuk terus bersinergi dengan pemerintah. Sinergi ini dilakukan demi mendukung pembangunan daerah yang lebih baik ke depannya.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Pembangunan yang telah dilakukan di Sumsel harus berkelanjutan. Siapapun Gubernurnya, harus kita dukung sehingga pembangunan tetap berjalan," kata Fatoni, ketika silaturahmi dengan pemimpin media dan organisasi perusahaan media di Sumatera Selatan, di Griya Agung Palembang, Kamis, 12 Oktober 2023.

Fatoni menilai, peran pers saat ini sangatlah besar dikarenakan informasi sekecil apapun dapat tersampaikan dengan cepat melalui media. Dia mengatakan, diskusi dan dialog antar pemerintah dan media perlu dilakukan secara berkesinambungan agar sinergitas dan kolaborasi makin kuat.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Karhutla di Sumsel

Photo :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana

"Media ini bisa membuat citra semakin baik dan bisa juga membuat citra suatu daerah semakin buruk. Apa yang telah dilakukan media adalah hal baik, tapi niat baik itu jika dilakukan dengan cara yang salah akan menimbulkan dampak masalah. Karena itu, mari kita sama-sama diskusikan setiap persoalan yang terjadi, sehingga ada solusi penanganannya," jelasnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Selain itu, menurutnya pers memiliki tanggungjawab yang besar dalam mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan yang disajikan. Dia juga mencotohkan terkait persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini, media memiliki kekuatan yang besar dalam mengedukasi masyarakat mengenai dampak pembakaran lahan secara ilegal.

"Jika pemerintah yang memberi edukasi itu, tentu tidak semuanya didengar masyarakat. Namun jika media juga berperan, edukasi dan ajakan itu akan didengar semua kalangan," tegas Fatoni.

"Tujuan kita di sini sama, untuk membuat Sumatera Selatan maju dan terhormat. Cuma kita memiliki peran berbeda," sambungnya.

Sementara itu, terkait dengan dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Fatoni berpesan agar media menjadi pengawas bagi pemerintah. Dia juga berharap sinergi yang terjalin antara pemerintah dan media dapat terus mendukung program prioritas yang dilakukan Pemerintah provinsi Sumatera Selatan.

Kebakaran Hutan dan Lahan di Ogan Hilir Sumatera Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

“Tugas kita di sini sangat banyak. Saya sendiri khususnya, sejak ditunjuk menjadi Pj Gubernur Sumatera Selatan, ada beberapa hal yang saya soroti dan menjadi prioritas seperti karhutla, inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting, dan agenda Pilkada," jelasnya.

"Karhutla ini terus kita lakukan penanganan, karena ini memang persoalan serius. Lalu inflasi yang memiliki dampak sangat luas bagi masyarakat. Kemudian kemiskinan ekstrem, stunting dan persoalan lainnya menjadi prioritas kita," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Sumatera Selatan Firdaus Komar mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan Fatoni dalam mengatasi persoalan di wilayah Sumatera Selatan.

"Khususnya untuk penanganan karhutla. Pak gubernur langsung bergerak cepat dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Kami sebagai insan pers sangat mendukung langkah yang telah dilakukan," kata Firdaus.

"Kemajuan daerah ini tentu merupakan tugas bersama. Kita akan mendukung dan siap berpartisipasi dalam memajukan daerah ini," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya