Kemnaker Gelar Rembuk Nasional LPKS Guna Tingkatkan Kompetensi SDM

Ida Fauziyah Menaker RI
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggelar Rembuk Nasional Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), pada Minggu, 15 Oktober 2023. Menaker RI, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa kegiatan ini diperlukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Manajemen dan Serikat Pekerja Freeport Teken PKB, Menaker: Bisa Jadi Contoh bagi Perusahaan Lain

"Kementerian Ketenagakerjaan merasa perlu untuk melakukan program ini dengan lembaga pelatihan kerja swasta," ujar Ida pada wartawan.

"Kenapa kami (merasa) perlu untuk melakukan program ini, karena diantara modalitas kita, ini juga meningkatkan kompetensi sumber daya manusia kita. Sumber daya manusia kita adalah modalitas kita dari lembaga-lembaga pelatihan kerja swasta," tambahnya.

Program Nasional K3 2024-2029 Diluncurkan, Menaker Ida Sebut Agar Maksimal Genjot Pembangunan

Tidak hanya lembaga pelatihan kerja swasta yang terus menuju lebih baik, Ida juga mengungkapkan bahwa lembaga pelatihan kerja pemerintah saat ini terus ditingkatkan, baik yang dikelola oleh pusat, maupun oleh daerah.

Menaker Ida Fauziyah

Photo :
  • VIVA/ Natania Longdong
Menaker Ida Menuturkan Transformasi BLK Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Menaker juga membeberkan adanya Peraturan Presiden (Perpres) 68 tahun 2022. Adanya Perpres tersebut, kata Ida, untuk menjawab bonus demografi yang terjadi di Indonesia.

Ilustrasi bonus demografi.

Photo :
  • Istimewa

"Kita sekarang sudah punya Perpres 68 Tahun 2022, di mana Perpres 68 ini kita akan melakukan revitilisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi untuk menjawab bonus demografi," ujarnya.

"Jumlah penduduk usia produktif melimpah, maka agar bisa masuk di pasar kerja perlu dipersiapkan kompetensi pendidikannya maupun kebutuhan pasar kerja."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya