Menkominfo Budi Arie Siap Tindak Tegas Hoax, Fitnah, dan Ujaran Kebencian di Pemilu 2024

Menkominfo Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • Dok. Telkom

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengungkap tiga hal penting yang akan menjadi fokusnya untuk menciptakan pemilu yang damai.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

"Tiga hal yang kita lawan untuk pemilu. Satu hoaks, kedua yaitu fitnah, ketiga itu ujaran kebencian," kata Budi Arie Setiadi kepada wartawan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2023.

Budi Arie juga mengatakan bahwa ketiga hal tersebut tidak produktif dan hanya menjadi perpecahan dalam suatu bangsa. Budi Arie mengaku akan menyiapkan langkah-langkah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku untuk menangkal hoaks, fitnah dan ujaran kebencian.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Ilustrasi hindarkan ujaran kebencian di media sosial

Photo :
  • Antara

"Karena itu nggak produktif dan hanya memecah belah masyarakat kita. Kami akan melakukan langkah langkah sesuai dengan UU yang berlaku termasuk men-takedown termasuk apapun," ucapnya.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Untuk menciptakan pemilu damai, Budi Arie mengatakan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai lembaga atau instansi, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI dan pihak kepolisian.

"Dengan KPU, Bawaslu dan kepolisian dan semua kementerian lembaga yang bertanggungjawab pemilu damai 2024," tuturnya.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Sebagai informasi, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Shandi Nugroho mengatakan Satuan Tugas Nusantara akan diaktifkan kembali untuk mengawal pelaksanaan agenda Pemilu 2024. Menurut dia, Satgas bertugas untuk mencegah terjadinya polarisasi hingga pemberantasan hoax saat Pemilu 2024.

“Untuk rapat pembentukannya sudah dilaksanakan, saat ini mungkin tinggal menunggu administrasinya saja,” kata Shandi di Mabes Polri pada Jumat, 7 Juli 2023.

Sementara, Shandi mengatakan administrasi untuk Sprin (surat perintah) pelaksanaan Satgas Nusantara tersebut supaya bisa menjadi cooling sytstem dalam rangka persiapan Pemilu 2024.

Kemudian, ia mengatakan Satgas Nusantara Polri akan menggandeng semua stakeholder untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan damai dan lancar.

“Dengan adannya Satgas, Polri akan menggandeng semua stakeholder terkait dan semua komponen masyarakat dalam rangka menciptakan pemilu damai untuk Indonesia lebih maju lagi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya