Sandiaga Berikan Tips Gen Z NTB Jadi Pengusaha Sukses yang Ciptakan Lapangan Kerja

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Istimewa

Mataram - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bersama Sandination Youth Ambassador (SYA) memberikan tips entrepreneur sukses agar melahirkan wirausaha muda yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Hal tersebut dilakukan dalam pelatihan digital youthpreneurship yang digelar di Caramello Cafe, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Saya tadi tanya cari kerja di sini seperti apa, dan banyak yang menyampaikan sulit. Lalu saya tanya siapa yang ingin menjadi enterpreneur hampir semua mengangkat tangan. Berarti minatnya itu sudah sangat terlihat dan tinggal kita memberikan pelatihan mengarahkannya, sehingga mereka bisa menjadi bagian dari pada ekonomi yang fokus kepada kewirausahaan dan juga pemberdayaan UMKM," kata Sandiaga, dikutip Senin, 16 Oktober 2023.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri pelatihan digital youthpreneurship NTB

Photo :
  • Istimewa

"Saya sangat antusias semangat, karena tim dari Sandination langsung bergerak cepat dan tadi kita liat bagaimana anak-anak muda di sini merasa menjadi bagian dari MotoGP. Jadi kegiatan MotoGP ini kita harapkan akan berdampak pada anak-anak muda dan bisa menggerakkan ekonomi, terutama bukan mencari lapangan kerja tapi justru menciptakan lapangan kerja," sambungnya.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Dimoderatori langsung oleh Reni Fitriani, Founder dan Direktur Program Sandination, Sandiaga secara lugas berbagi pengetahuan kepada para audiens terkait ekonomi kreatif, menciptakan konten-konten yang inovatif dan kolaboratif, serta betapa pentingnya mempromosikan pariwisata di Mandalika, Lombok, dan NTB agar berkelanjutan.

"Kita bersama anak-anak muda NTB melakukan digital youthpreneurship, jadi mata dunia sekarang tertuju kepada Mandalika, Lombok, dan NTB. Jangan sia-siakan kesempatan ini para kalangan muda, terutama yang ada di NTB ini harus mengamplifikasi dengan menciptakan konten-konten inovatif, adaptif, kolaboratif sehingga semakin mempromosikan pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif di NTB," kata Sandiaga.

Sandiaga mengapresiasi program Sandination Youth Ambassador yang diserbu oleh para mahasiswa-mahasiswa seluruh daerah untuk berkesempatan mendapatkan beasiswa, guna menggali potensi kalangan muda. Peluang tersebut juga mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan secara nasional.

"Kita lihat dari 300 yang hadir punya kesempatan untuk membuka usaha dan rata-rata usaha diawal itu 3 sampai 4 karyawan yang tercipta, jadi saya melihat 900 sampai 1200 lapangan kerja dalam jangka 2 sampai 3 tahun dari anak-anak muda ini bisa kita ciptakan," ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri pelatihan digital youthpreneurship NTB

Photo :
  • Istimewa

Sandiaga selaku Dewan Penasehat Superkey Consulting Group Founder dan Pembina Sandination menyampaikan berbagai macam tantangan seperti infrastruktur daerah yang belum terdigitalisasi dan kurangnya pengetahuan teknologi. Sehingga Kemenparekraf bersama Sandination bersinergi memberikan pelatihan pendampingan kepada kalangan muda, emak-emak, dan pemberdayaan UMKM.

"Tantangan sekarang tadi disampaikan satu mengenai infrastruktur, banyak daerah yang belum terdigitalisasi, banyak kalangan yang belum memiliki pengetahuan teknologi. Nah ini tantangannya SDM harus kita tingkatkan, oleh karena itu program kami di Kemenparekraf bekerja sama dengan komunitas Sandination ini akan menciptakan lebih banyak pelatihan pendampingan, sehingga lebih banyak masuk onboarding ke ekosistem ekonomi digital," ungkapnya.

Sementara itu, Malik Abdul Azis, Ketua Komunitas Sandination Youth Ambassador NTB 2023 dan juga Pengusaha Muda di Bidang Tour dan Travel, Samas Travel Lombok, menyampaikan bahwa acara ini dikemas untuk menjadi pengusaha dan pemimpin muda dikemudian hari.

“Dalam kegiatan ini peserta belajar mengenai fundamental digital bisnis, dan inisiasi digital bisnis bersama Ibu Reni Fitriani dan Bapak Sandiaga Uno, dan akan terus dikembangkan dengan program lanjutan di NTB,” ujar Azis.

Sandiaga Uno berharap Sandination dapat lebih mengepakkan sayapnya dan terus menggulirkan semangat muda, karena generasi milenial harus bisa ada di garda terdepan untuk pengelolaan usaha-usaha berbasis ekonomi yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya