Sempat Mangkir, Anak Buah Firli Penuhi Panggilan Polda Metro di Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta - Polisi menyebut kalau Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Tomi Murtomo memenuhi panggilan terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinannya.

Demi Ongkosi SYL ke Brasil, Dirjen Kementan Bela-belain Sunat Anggaran

Hal itu diungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak. Meski begitu, dirinya tidak merinci pada pukul berapa yang bersangkutan hadir di Markas Polda Metro Jaya. "Sudah hadir," kata dia kepada wartawan, Senin 16 Oktober 2023.

Kehadiran Tomi luput dari awak media yang menunggunya di Mapolda Metro Jaya. Tidak diketahui kapan persisnya Tomi tiba. Hingga saat ini, pemeriksaan terhadap Tomi masih dilakukan. Adapun Tomi diperiksa oleh Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya.

KPK Panggil Nayunda Nabila, Biduan yang Disewa SYL Rp 100 Juta di Acara Kementan

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Safri.

Photo :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Sebelumnya diberitakan, sosok pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang  mangkir  pemeriksaan  polisi terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya terkuak. Usut punya usut, dia adalah Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo.

Daftar Pengeluaran SYL Pakai Uang Hasil Palak Anak Buahnya di Kementan

Hal itu dibenarkan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

"Betul, Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK RI," ujar Ade kepada wartawan, Jumat 13 Oktober 2023.

Sebelumnya, seorang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang harusnya diperiksa polisi terkait kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK mangkir dari pemeriksaan.

Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • Istimewa

"Pegawai KPK yang dipanggil untuk dimintai keterangannya sebagai saksi tidak hadir dalam pemeriksaan hari ini," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Jumat 13 Oktober 2023.

Eks Kapolres Kota Solo itu mengatakan, pegawai KPK itu mangkir dengan alasan pekerjaan. Atas hal tersebut, polisi pun telah menjadwalkan ulang pemeriksaan. Rencananya yang bersangkutan bakal diperiksa Senin mendatang. Namun, Ade masih belum merinci identitasnya.

"Memohon penundaan pemeriksaan dengan alasan mengikuti giat dinas yang sudah terjadwal sebelumnya. Dan sudah dibuatkan serta dikirimkan kembali surat panggilan kepada yang bersangkutan untuk jadwal pemeriksaan pada hari Senin jam 10.00 WIB," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya