Andi Widjajanto Akan Mundur dari Gubernur Lemhanas, Stafsus Jokowi Angkat Bicara

Gubernur Lemhanas RI, Andi Widjajanto
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Andi Widjajanto kabarnya akan mengundurkan diri dari jabatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Sebab, Andi telah masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo, bakal calon Presiden RI 2024.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

“Saya dengar begitu. Masih nunggu konfirmasi dari Gubernur Lemhanas,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana saat dikonfirmasi pada Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut dia, Andi Widjajanto akan menyampaikan surat pengunduran diri melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno. Hanya saja, Ari tidak mengetahui kapan surat pengunduran diri Andi akan dikirim ke Menteri Sekretaris Negara.

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto.

Photo :
  • Dokumentasi Lemhanas.

“Gubernur Lemhanas akan menyampaikan langsung ke Pak Mensesneg. Mohon dikonfirmasi langsung ke Gubernur Lemhanas,” ujarnya.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Sebelumnya, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo menggelar rapat ke-6 terkait strategi yang telah dibangun dan persiapan pendaftaran calon dan wakil presiden untuk pemilu 2024 mendatang.

Dalam rapat ke-6 kali ini, Ketua TPN Ganjar Pranowo, yaitu Arsjad Rasjid mengatakan bahwa ada dua sosok yang bergabung kedalam tim pemenangan.

Ganjar Pranowo Nonton MotoGP Mandalika

Photo :
  • Istimewa/VIVA

Kedua sosok itu adalah Gubernur Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Andi Widjajanto dan Eks Wakil Kepala BSSN ke-3 dan terakhir menjabat sebagai eks Analis Kebijakan Utama Bidang Politik Baintelkam Polri, Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan.

Adapun Andi Widjajanto akan menjadi Deputi Politik 5.0 dan Komjen Luki Hermawan menjadi Deputi Kinetik Teritorial.

"Ada dua deputi yang saya umumkan hari ini dengan pertimbangan yang bersangkutan adalah seorang tokoh, memiliki kredibilitas dan profesional. Yaitu Deputi Politik 5.0 TPN GP Andi Widjajanto, serta Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan ditunjuk jadi Deputi Kinetik Teritorial TPN GP," kata Arsjad Rasjid dalam konferensi pers di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Oktober 2023.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Photo :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

Arsjad mengatakan bahwa tim pemenangan Ganjar optimis serta solid dalam menghadapi Pilpres 2024. Selain itu, kerja sama politik untuk Ganjar Pranowo semakin solid.

"Kami, merasa didukung penuh partai politik koalisi untuk secara independen menyusun formatur Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden," katanya.

Arjad menjelaskan, selain para Wakil Ketua TPN yang sudah diumumkan dan sudah bekerja, TPN juga telah selesai menyusun kesekretariatan yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dengan Anggota Sekretaris terdiri dari Sekjen PPP Arwani Thomafi, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq dan Sekjen Hanura Kodrat Shah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya