Profil Kevin Egananta, Anak Buah Firli Bahuri yang Diperiksa Polda Metro Jaya

Kevin Egananta, ajudan alias Adc Ketua KPK Firli Bahuri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA Nasional Nama Kevin Egananta baru-baru ini menyita atensi publik. Hal tersebut tak lepas dari namanya yang baru saja terseret dalam kasus dugaan pemerasan oleh ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKFirli Bahuri kepada bekas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Dewas Sindir Pimpinan KPK: Periode Sekarang Tidak Sangat Mengenakkan

Seperti diketahui, Kevin Egananta ini merupakan salah satu pegawai KPK yang juga sebagai ajudan Firli Bahuri. Kevin Egananta menjadi salah satu dari 11 para saksi lainnya yang diperiksa oleh penyidik Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi. 

Tumpak Hatorangan Tak Takut Soal Nurul Ghufron Laporkan Dewas KPK ke Bareskrim Polri

Selain Kevin, rupanya ada 11 pegawai KPK lainnya juga yang akan dimintai keterangan sebagai saksi. Adapun pemekrisaan akan dilakukan pada 18 Oktober 2023, tepatnya pukul 10.00 WIB. Sosok Kevin Egananta pun sontak membuat publik penasaran seperti apa latar belakangnya. 

Lantas, siapa sosok Kevin Egananta yang disebut-sebut berkaitan dalam pemerasan Syahrul Yasin Limpo? Bagi Anda yang belum tahu, simak berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

KPK Cegah 4 Orang di Kasus Korupsi LPEI

Mengenal Sosok Kevin Egananta

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Kevin Egananta merupakan seorang ajudan dari Ketua KPK Firli Bahuri. Menurut pantauan VIVA.co.id melalui platfrom X alias Twiiter, ditemukan sebuah akun yang diduga milik Kevin Egananta.

Dalam bio akun profil akun @kevinegananta, diketahui bahwa dia merupakan lulusan dari SMA Taruna Nusantara angkatan ke-22. 

“SMA Taruna Nusantara XXII,” tulis Kevin dalam bio profilnya dikutip VIVA.co.id pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Menilik akun tersebut, Kevin diketahui bergabung dengan X atau Twitter sejak 2012 yang silam. Sayangnya, akun tersebut sudah lama tidak aktif alias tidak digunakan per 1 Juli 2014 lalu.

Selain pantauan melalui X, kami juga berhasil mengulik dari akun Instagram pribadinya, yang diduga milik Kevin Egananta. Pada bio akun profil @kevinegananta, diketahui yang bersangkutan merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) Angkatan ke-49 Batalyon Prawira Hirya tahun 2018. 

“PRAWIRA HIRYA /49 /2018,” tulis bio profil pada akun Instagram tersebut. 

Melihat dari media sosial miliknya, bisa dibilang Kevin termasuk orang yang sangat aktif menggunakan media sosial. Terpantau, Kevin memiliki sejumlah akun media sosial, mulai dari Instagram, X atau Twitter, Instagram, Ask.fm, hingga Pinterest. Sayangnya, akun-akun tersebut sudah lama tidak tidak digunakan dan bersifat privat.

Profil Kevin Egananta

Setelah mengetahui sosoknya dari beberapa platfrom media sosial miliknya, berikut kami akan membagikan profil singkat tentang Kevin Egananta.

Kevin Egananta merupakan salah satu pegawai KPK yang bertugas pada era Firli Bahuri. Sekarang, Kevin Egananta menjabat sebagai ADC (Aide de Camp) atau ajudan ketua KPK Firli Bahuri.

Nama Kevin baru-baru ini terseret dalam kasus dugaan pemerasan Mantan Mentan (Menteri Pertanian) Syahrul Yasin Limpo yang kini sedang terjerat kasus korupsi. Atas kasus tersebut, pihak kepolisian pun telah melakukan pemeriksaan pada Kevin dan para pegawai KPK lainnya yang juga diduga turut terlibat dalam kasus pemerasan tersebut. 

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Kevin membantah adanya arahan dari Firli Bahuri untuk menghadapi pemeriksaan Polda Metro Jaya.  Dirinya pun menyatakan siap jika ditanya-tanya oleh pihak penyidik.

"Enggak ada arahan apa-apa. Saya jawab saja,” kata Kevin, dikutip VIVA.co.id, Selasa 17 Oktober 2023.

Ajudan Firli Bahuri ini yakni Kevin Egananta, menjadi salah satu dari para saksi yang diperiksa oleh penyidik Subdirektorat Tindak Pidana Korupsi. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Safri Simanjuntak mengatakan, terhitung pada hari kemarin sudah ada 12 saksi yang diperiksa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya