Berkali-kali Kalah, Ini Alasan Otto Hasibuan Pantang Menyerah Bela Jessica Wongso

Pengacara Otto Hasibuan
Sumber :
  • Netflix

VIVA Nasional – Kuasa hukum atau pengacara Jessica Wongso baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak merasa kalah dengan hasil yang didapatkan selama ini membela kliennya.

Yusril, Otto hingga Hotman Paris Temui Prabowo Subianto, Lapor Hasil Sengketa Pilpres 2024

Seperti diketahui, sejak awal menangani kasus kopi sianida Jessica Wongso pada 2016 silam hingga sekarang, Otto Hasibuan belum dapat membuktikan bahwa kliennya tersebut tidak bersalah di mata hukum. Terlebih setelah ditayangkannya film dokumenter terkait kasus tersebut, membuat sang pengacara Jessica Wongso yakin harus tetap pasang badan membela kliennya tersebut. 

Yusril Cs Bakal Menghadap Prabowo Malam Ini, Lapor Hasil Sengketa Pilpres di MK

Terakhir, Otto Hasibuan dalam kasus kopi sianida yang menjerat Jessica Wongso dalam 7 tahun terakhir ini juga sempat mengajukan banding demi keadilan kliennya itu namun sayang hasilnya lagi-lagi tetap sama.

Bisa dibilang, ayah mertua Jessica Mila ini berani bela secara mati-matian Jessica Wongso demi kebenaran terungkap. Hal tersebut mengingat, putusan vonis hakim yang menjerat Jessica Wongso dalam waktu 20 tahun di dalam jeruji besi. 

Makin Panas, Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Adu Jotos di Ring Tinju

Atas dasar tersebut, pengacara atau kuasa hukum Jessica Wongso kerap dicap gagal dalam membuktikan kebenaran bahwa kliennya itu tidak bersalah. Merasa tak terima, baru-baru ini Otto Hasibuan mengungkapkan, bahwa dirinya bukanlah gagal atau berhasil memenangkan kasus Jessica Wongso kepada dr.Richard Lee dalam kanal YouTubenya, dikutip VIVA.co.id pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Otto Hasibuan Hanya Ingin Mencari Kebenaran

Dalam bincang-bincangnya bersama dr.Richard Lee, Otto Hasibuan baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin menyerah dalam menangani kasus Jessica Wongso. Bermula saat dr.Richard Lee menanyakan kepada kuasa hukum Jessica Wongso yakni Otto Hasibuan yang selalu kalah dalam pengadilan. 

Otto Hasibuan dan dr.Richard

Photo :
  • YouTube

“Bang Otto harus akui bang Otto kalah itu intinya di pengadilan pertama kalah, Jessica secara sah dan meyakinkan dihukum 20 tahun penjara,” kata dr Richard Lee, dikutip VIVA.co.id pada Selasa, 17 Oktober 2023.

“Naik banding Bang Otto kalah lagi, banding lagi Bang Otto kalah lagi, PK Bang Otto kalah lagi. Artinya sudah berkali-kali, sudah melibatkan katanya 15 hakim, kenapa Bang Otto nggak move on aja?” tanyanya. 

Pengacara kelahiran 5 Mei 1955 itupun lantas menjawab dengan tegas, bahwa dirinya tidak pernah merasa kalah ataupun menang dalam membela kasus Jessica Wongso terkait pembunuhan terhadap Mirna Salihin

"Saya tidak kalah loh," kata Otto Hasibuan saat ditanya alasan tidak move on atau melepaskan kasus Jessica Wongso.

"Karena saya berperkara itu tidak pernah mikir kalah ataupun menang. Kalau saya jadi pengacara bertugas menang."

Otto pun lebih lanjut menerangkan, bahwa tujuannya membela Jessia Wongso itu bukan soal menang atau kalah. 

"Bahaya saya. Karena kalau saya bertugas untuk menang, maka berarti saya akan menghalalkan segala cara untuk menang," tambahnya.

"Berita tujuannya adalah mencari kebenaran?" seru dr.Richard Lee pada Otto Hasibuan.

"Jadi kalau bilang Otto kalah no, saya gak kalah," seru Otto lagi.

Tujuan Otto Hasibuan selama ini membela kliennya secara mati-matian, yaitu untuk mencari kebenaran dan keadilan. Bagi mertua Jessica Mila, keadilan tidak akan datang dengan sendirinya, tapi harus diperjuangkan. Begitupun dengan kasus yang menimpa kliennya tersebut. 

Adapun terkait proses hukum yang sudah berkali-kali dan melibatkan 15 hakim, Otto juga tidak menampik kemungkinan memang benar Jessica yang salah. 

"Kenapa gak nyerah aja si?" tanya dr.Richar Lee lagi. 

“Saya berdoa sama Tuhan begini, Tuhan menurut pikiranku yang Tuhan kasih sama saya. Sampai sekarang aku merasa Jessica tidak bersalah.  Tuhan yang Maha Tahu kasih tahu Tuhan,” jawab Otto.  

“Kalau dia memang salah. Hukum dia karena telah membohongi banyak orang. Tapi kalau memang Tuhan dia tidak bersalah, kuatkan saya tunjukkan kuasaMu,” imbuhnya. 

Dalam hal ini Otto pun lebih lanjut tidak berani mengatakan 100 persen bahwa Jessica tidak bersalah, tapi 99 persen menurut akal dan pikirannya dan keyakinan saya, Jessica tidak bersalah.  

“Dan sekarang masyarakat juga semakin bersemangat memberikan dukungan hal ini. Saya tidak mau juga dong mengecewakan mereka,” ujar Otto.  

Jessica Kumala Wongso

Photo :
  • Antara/Akbar Nugroho Gumay

Dirinya pun bercerita bahwa banyak kelompok pengacara yang bersedia membela Jessica dan mengerahkan ribuan anggotanya. Salah satunya datang dari Ketua Peradi Surabaya. 

“Bang, kami sudah berkumpul di sini, ribuan anggota Peradi. Kalau izinkan abang, kalo Jessica mau bukan hanya mendukung, mau datang tanda tangan surat kuasa kepada Jessica secara probono (gratis),” tutur Otto.   

“Ribuan orang siap untuk membela kasus ini. Siapa tahu ada hal-hal lain yang akan dilakukan. Dan memang akan ada, tapi nggak saya ungkap di sini,” imbuhnya.  

Ada organisasi lain selain Peradi yang juga menyatakan hal yang sama. Otto pun menanyakan hal tersebut kepada Jessica.  

"Seandainya mereka mau jadi kuasa hukumnya mau mau ga?" tanyanya kepada Jessica Wongso.

“Dia jawab ya kalau ada orang yang mau bersihkan baju saya, saya yang harus berterimakasih. yang penting om mau gak,” ucapnya.   

Lebih dari itu menurut Otto kasus ini sudah bukan menjadi persoalan dirinya seorang, melainkan masalah keadilan bangsa Indonesia. 

 “Jadi siapa pun yang nanti ingin bergabung, welcome. Karena bukan urusan Otto Hasibuan lagi ini masalah keadilan. Gak ada urusan top atau ingin jadi top (karena sudah top sejak lama),” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya