5 Fakta Kasus Dugaan Pemerasan Firli Bahuri

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri kini terlibat dalam dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dewas Sindir Pimpinan KPK: Periode Sekarang Tidak Sangat Mengenakkan

Seperti diketahui, Syahrul Yasin Limpo kini sudah ditetapkan sebagai tersangka korupsi. Akan tetapi ada dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Berikut beberapa faktanya dilansir dari berita VIVA sebelumnya:

1. Ketua IPW Turun Berkomentar

Tumpak Hatorangan Tak Takut Soal Nurul Ghufron Laporkan Dewas KPK ke Bareskrim Polri

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso ikut berkomentar terkait dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo.

KPK Cegah 4 Orang di Kasus Korupsi LPEI

"Penetapan tersangka FB adalah tinggal tunggu waktu saja. Artinya penyidik yakin bahwa pada saat gelar perkara untuk penetapan tersangka nanti penyidik yakin akan ditemukan pihak yang akan diminta pertanggung jawaban pidana karena melakukan pemerasan dan atau gratifikasi atau suap," ujar dia kepada wartawan, Senin 16 Oktober 2023.

2. Ajudan Firli Bahuri Diperiksa

Kevin Egananta, ajudan alias Adc Ketua KPK Firli Bahuri.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kevin Egananta diperiksa selama 7 jam terkait dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Khusu Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

"Ada beberapa pertanyaan seputar kasus dugaan tindak pidana korupsi. Bakal ada pemeriksaan tambahan," ungkap Ade Safri Simanjuntak.

3. Masuk Tahap Penyidikan

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak

Photo :
  • Antara

Polda Metro Jaya menaikan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Firli Bahuri ke Syahrul Yasin Limpo kini masuk ke tahap penyidikan yang awalnya baru dugaan.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

4. Saut Situmorang Dipanggil Polda Metro Jaya

Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang diperiksa Polda Metro Jaya

Photo :
  • Antara

Mantan wakil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019, Saut Situmorang memenuhi panggilan Polda Metro Jaya sebagai saksi ahli kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Firli Bahuri ke Syahrul Yasin Limpo.

"Iya walaupun gak ahli-ahli banget lah. Tapi mungkin penyidik nganggep ahli ya, oke silahkan," ucap Saut kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

5. Tanggapan Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi

Kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo, kini mengundang komentar dari Polri yaitu Listyo Sigit Prabowo.

"Iya itu sangat teknis, yang jelas dilaksanakan cermat profesional tidak arogan. Kami membuka ruang agar ini bisa diawasi, bisa disupervisi, baik oleh KPK ataupun dari unsur eksternal lainnya," ujar dia kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya