9 Korban Penembakan Kelompok Egianus Kogoya di Yahukimo Papua Berhasil Dievakuasi

9 korban penembakan KKB Egianus Kogoya berhasil dievakuasi Satgas Operasi Damai Cartenz.
Sumber :
  • Foto Humas Cartenz

Papua –Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 kembali mengevakuasi 9 orang warga penambang emas korban selamat dari penembakan dan pembuhunan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Egianus Kogoya di Kali I lokasi penambangan Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (18/10).

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

Dalam evakuasi  ini melibatkan 41 personel gabungan Gabungan Satgas Damai Cartenz, Brimobda Papua dan Polres Yahukomo yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Yahukimo AKP Alwy Wayrooy. 

9 korban penembakan KKB Egianus Kogoya berhasil dievakuasi

Photo :
  • Foto Humas Cartenz
Sosok Matias Gobay, Dalang OPM atas Penembakan Keji Danramil Aradide

Ka Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani menyampaikan pihaknya pada Selasa malam menerima informasi bahwa ada warga selamat dari KKB yang  datang ke Pos Brimob Kali Kolof Distrik Seradala Yahukimo. 

"Kemarin malam (Selasa), Kami terima informasi bahwa masih ada warga yang selamat dan melarikan diri dari Serangan KKB. 1 orang warga sipil mengamankan diri ke Pos Pam Brimob Kali Kolof dan 8 orang warga sipil lainnya di Pos Bravo Brimob Kompi 3 Yon D Kali Kolof. Kemudian Kami perintahkan Tim untuk segera melaksanakan penyelamatan dan evakuasi korban tersebut,” ujar Faizal, Rabu 18 Oktober 2023.

Anggota Polres Yahukimo Dibunuh OTK, Banyak Luka Tusuk di Tangan hingga Leher

Selanjutnya pukul  20.13 WIT, personel gabungan bergerak dari Polres Yahukimo menuju Pos Pam Brimob Kali Kolof untuk penyelamatan 1 korban. Kemudian Pukul 22.27 WIT Tim bergerak dari Pos Pam Brimob Kali Kolof menuju Pos Bravo Kompi 3 Yon D untuk evakuasi 8 warga lainnya.

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Dr. Bayu Suseno menyatakan bahwa total korban selamat yang sudah dievakuasi sebanyak 20 orang.

9 korban penembakan KKB Egianus Kogoya berhasil dievakuasi

Photo :
  • Foto Humas Cartenz

"Jadi tadi siang kita sudah mengevakuasi sebanyak 11 orang selamat, malam ini 9 orang jadi total seluruhnya korban selamat sebanyak 20 orang,”katanya.

Adapun identitas 9 warga yang selamat yang berhasil di evakuasi sebagai berikut

1. Sidru alias Boy (Suku Sangir)

2. Nur Saleh (Suku Bugis)

3. Muhktar (Suku bugis)

4. Hasbi (Suku Jawa)

5. Ismail (Suku Makassar)

6. Ian (Suku Toraja)

7. Marten luko (suku toraja)

8. Tinus Padatuan (suku toraja)

9. Saharuddin (Suku bugis)

Para Korban yang selamat telah dievakuasi ke Polres Yahukimo untuk mendapatkan pengobatan dan untuk identifikasi para pelaku KKB.

"Para korban selamat semua sudah ada di Polres, sudah kami berikan tempat istirahat, makanan serta pengobatan bagi yang luka. Kemudian kami mintai keterangan untuk identifikasi para pelaku (KKB),” pungkas Bayu

Bayu juga menyatakan bahwa ke depan pihaknya akan terus melakukan patroli di sekitar lokasi penembakan dan pembunuhan untuk menolong warga apabila masih ada warga selamat lainnya.

"Ke depan Kami akan rutin melakukan patroli gabungan di radius TKP untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi warga selamat yang berada di TKP,” akunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya