Forum Sosek Malindo Bahas Isu Perbatasan Terkini, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Pimpin Delegasi RI

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA dalam persidangan JKK/KK Sosek Malindo
Sumber :
  • Dok. Kemendagri

Jakarta – Persidangan ke-38 Jawatan Kuasa Kerja/Kelompok Kerja Sosio Ekonomo Malaysia-Indonesia (JKK/KK Sosek Malindo) digelar di Pahang, Malaysia, Kamis, 19 Oktober 2023. Delegasi Republik Indonesia (RI) dipimpin Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Bina Atwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA, selaku Ketua Kelompok Kerja (KK) Sosial Ekonomi (Sosek) Indonesia.

Kerja Sama Agroteknologi dengan Kerajaan Negeri Pulau Pinang Malaysia, Dave Laksono Sambut Baik

Safrizal mengatakan, persidangan ini diselenggarakan secara langsung setelah pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara virtual. "Diharapkan persidangan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan hubungan persaudaraan di antara kedua negara, dalam mencapai solusi bersama untuk isu-isu sosial ekonomi terkini di kawasan perbatasan," ujar Safrizal dalam keterangannya dikutip Sabtu, 21 Oktober 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Hamzah bin Ishak Timbalan Ketua Pengarah Keselamatan Negara, Majlis Keselamatan Negara selaku Ketua JKK Sosek Malaysia, bersama dengan Delegasi Malaysia. 

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Adapun delegasi Indonesia terdiri dari Kementerian/Lembaga seperti Ditjen Bina Adwil Kemendagri, BNPP maupun unsur TNI dan pemerintah daerah yang memiliki perbatasan dengan Malaysia, yaitu Ketua KK Sosek Malindo Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Persidangan ke-38 JKK/KK Sosek Malindo di Malaysia.

Photo :
  • Dok. Kemendagri
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

"Terkait hubungan bilateral Indonesia-Malaysia yang erat selama ini, terlebih hubungan yang sangat baik antara Presiden RI dan PM Malaysia, yang terlihat dalam tercapainya kesepakatan Border Cross Agreement (BCA) dan Trade Border Agreement (TBA) beberapa waktu lalu, maka forum JKK/KK Sosek Malindo memiliki peran strategis dalam menindaklanjuti kesepakatan tersebut," ujar Safrizal.

Selama lebih 38 tahun perjalanan kerja sama dalam kerangka Sosek Malindo ini, menurut Safrizal, telah menghasilkan berbagai kesepakatan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan. 

Di antaranya penyelesaian pemotongan Bukit Tebedu (Sarawak, Malaysia)-Entikong (Kalimantan Barat, Indonesia) untuk mendukung pembangunan jalur Dry Port PLBN Terpadu Entikong-Tebedu guna melancarkan kegiatan ekonomi serta kegiatan Tour de Malindo 2019.

“Sebagaimana tujuan dibentuknya forum Sosek Malindo melalui forum ini, secara bersama-sama kita dapat menyamakan persepsi dengan lebih mengedepankan kebersamaan dalam pelaksanaan kerja sama sosial ekonomi di kawasan perbatasan," ujarnya.

Adapun isu-isu strategis yang menjadi agenda bersama pada persidangan ke 38 ini disusun dalam beberapa Kertas Kerja. Di antaranya terkait Penubuhan Jawatankuasa bagi meneliti Standar Operasional Prosedur (SOP) pengurusan pemulangan jenazah/mayat. 

Kemudian terkait pemberlakuan Penerimaan Negara Bukan Pajak/Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan (TNKB) Lintas Batas Negara (LBN) bagi kendaraan Malaysia yang melintas di PLBN Entikong, Aruk dan Badau.

Persidangan ke-38 Sosek Malindo ini diakhiri dengan penandatanganan risalah hasil perundingan ini antara Dirjen Bina Adwil Kemendagri dan Timbalan Pengarah Majlis Keselamatan Negara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya