Diminta Refleksi Diri di Hadapan Cermin, Sikap Prabowo Subianto Bikin Warganet Haru: Rada Nyesek

Prabowo Subianto, HUT Partai Golkar ke-59
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Yogyakarta – Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto belum lama ini menuai sorotan publik. Hal tersebut tak lepas dari momen dirinya saat menghadiri acara 3 Bacapres Bicara Gagasan yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Selasa, 19 September 2023 lalu. 

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Majunya Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden 2024, membuat sebuah potongan video kembali di media sosial. Di mana dalam video tersebut memperlihatkan Bacapres dari Koalisi Indonesia Maju itu  diminta untuk bercermin dan merefleksikan dirinya di hadapan Najwa Shihab dan para tamu undangan yang hadir di Graha Sabha Pramana, Yogyakarta.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

Pada kesempatan itu, Prabowo Subianto menjadi Bacapres ketiga alis terakhir yang menyampaikan gagasan serta diminta merefleksikan dirinya di hadapan cermin atau kaca. 

Sementara, Bacapres lainnya baik Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sudah lebih dulu melakukan dan mengikuti sesuai arahan dari Najwa Shihab di atas panggung. 

Presiden PKS Ungkap Sudah Ada Komunikasi dengan Prabowo dan Gerindra

Prabowo Subianto Menolak untuk Refleksi Diri

Alih-alih mengikuti arahan Najwa Shihab dalam segmen acara merekleksikan diri di depan cermin besar seperti dua Bacapres lainnya, sikap Prabowo Subianto justru di luar dugaan.

Hal menarik dan berbeda justru dilakukan oleh Prabowo Subianto. Dimana ia justru menolak arahan Najwa Shihab untuk melakukan refleksi diri atau tapak tilas di hadapan sebuah cermin besar yang diletakkan di atas podium.

Mengutip sebuah unggahan video akun TikTok @ilhamcello20 yang dikutip VIVA.co.id pada Sabtu, 21 Oktober 2023 ini Prabowo Subianto justru bersikap berbeda dari kedua Bacapres lainnya saat diminta merefleksikan dirinya di depan cermin. 

"Karena ini nyambung dengan pertanyaan penutup pak, jadi saya ingin minta bapak Prabowo untuk refleksi. Refleksi atas perjalanan hidup selama ini dan apa bayangan yang akan bisa dijdikan pegangan Prabowo," kata Najwa mengutip akun TikTok tersebut.

Setelah Najwa Shihab menjelaskan terkait segmen selanjutnya, di sela-sela jurnalis cantik itu menjelaskan, kru program kemudian membawakan cermin ke atas stage. Najwa pun kemudian kembali menegaskan kepada Bacapres yakni Prabowo tentang sesi refleksi diri yang dimaksudnya tersebut.

"Ini cerminnya pak, ini cermin. Jadi kalau refleksi itu kami ibaratkan cermin yang.. saya minta Pak Prabowo," pinta Najwa kepada Prabowo untuk bercermin.

Prabowo yang mendengar permintaan Najwa itu pun lantas berjalan mendekati cermin. Sayangnya, bukan langsung mengutarakan sesuatu hal, ia justru hanya menatap cermin dan memberikan hormat. Tidak sepatah kata pun dilontarkan oleh Prabowo saat berada di hadapan cermin itu.

Sontak saja tamu, penonton atau mahasiswa yang melihat sikap Prabowo pun langsung dibuat bersorak ria. Najwa yang berada di samping Prabowo pun sukses dibuat bingung dan tertawa kecil, sesaat kemudian ia memgingatkan kembali tentang sesi refleksi.

"Pak.. belum selesai bapak. Saya mau minta bapak berkaca lagi," pinta Najwa kepada Prabowo.

Prabowo kemudian berjalan kembali ke arah cermin. Kali ini, Prabowo hanya menatap cermin tanpa sepatah kata dan tanpa gestur apapun.

"Bapak berdiri di sini, kapan lagi ngerjain menhan kan. Bapak saya ingin anda berefelki Pak Prabowo atas segala hal yang sudah bapak lalui selama ini. Bapak jangan ke mana-mana bapak, refleksinya di depan kaca pak," terang lagi Najwa sembari meminta Prabowo tidak melangkah menjauhi cermin yang disediakan di atas stage. 

Prabowo kemudian menjawab permintaan Najwa itu dengan menegaskan bahwa dirinya sudah bercermin.

"Udah, udah," kata Prabowo

"Jadi maksudnya bapak di sini sambil berkaca, berbicara pada diri sendiri. Refleksi," ujar Najwa

"Udah, udah, gua udah berkaca. Refleksi kan?" kata Prabowo

"Refleksi bapak," sahut Najwa.

Prabowo Merefleksikan Dirinya dengan Kisah Hidupnya

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Bukannya menolak untuk merefleksikan diri di hadapan cermin, Prabowo Subianto justru mengungkapkan refleksi dirinya dengan mengaitkan pengalaman hidup serta kisah hidupnya.

Pada keterangannya saat berada dalam segmen bersama Najwa Shihab tersebut, Prabowo mengungkapkan bahwa refleksi bidupnya itu hanya ingin Indonesia tumbuh menjadi negara yang bermartabat dan rakyat tidak lagi hidup dalam kemiskinan.

Hal tersebut diceritakan langsung oleh Bacapres,  Prabowo Subianto saat menghadiri acara ‘Mata Najwa on Stage: 3 Bacapres Bicara Gagasan’ tersebut.

Bermula, dirinya mengisahkan sejumlah pengalaman hidupnya. Kisah yang pertama yang diungkapkan Prabowo yaitu saat dirinya masih berusia 20 tahun dan telah menjadi seorang perwira TNI.

Di mana pada saat itu, dirinya beserta sejumlah anak buahnya tengah berenang di kolam renang yang lokasinya ada di Manggarai. Saat dirinya tengah berenang, ia mengungkapkan pernah melihat dinding marmer dalam bahasa Belanda yang artinya “Anjing dan Pribumi Dilarang Masuk”.

Kisah lainnya pun turut diceritakan saat Prabowo menempuh pendidikan di sejumlah sekolah di Eropa. Di mana ia harus mengalami sendiri bagaimana saat itu bangsa Indonesia dianggap remeh oleh bangsa lain. 

Saya pernah hidup di tengah orang Eropa. Saya ingat, waktu itu, saya satu-satunya murid yang bukan kulit putih. Tiap hari, saya diejek oleh guru saya. Tiap hari dibilang bangsa monyet, kata Prabowo mengutip akun TikTok tersebut.

Prabowo, your people live on trees, lanjut Prabowo sambil menirukan bagaimana ejekan yang pernah diterimanya saat itu.

Saya alami, saya sekolah di beberapa negara, selalu bilang begitu. Rakyatmu tinggal di pohon . Saya mengalami, ungkapnya. Sejumlah pengalaman hidup tersebut yang kemudian membulatkan tekadnya untuk membangun bangsa dan Indonesia. 

Lebih lanjut, Prabowo tidak ingin bangsa Indonesia dihina dan diinjak-injak terus-menerus. Oleh karena itu, meskipun dirinya sempat gagal berkali-kali, ia tetap bertekad untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat dan terhormat.

Najwa Shihab pakai jersey Arsenal

Photo :
  • Instagram @najwashihab

"Kalau Anda minta saya refleksi, saya ingin sebelum saya meninggal, saya melihat Indonesia menjadi negara yang bermartabat, negara yang terhormat. Saya ingin lihat, tidak ada lagi kemiskinan di Republik Indonesia. Saya ingin lihat anak-anak Indonesia kuat, gembira, senyum, orang tuanya gembira," tegas Prabowo lagi dalam momen bincang-bincangnya bersama Najwa Shihab.

Ia pun melanjutkan, dirinya memiliki cita-cita agar generasi penerus bangsa Indonesia dapat berdiri di atas kakinya sendiri.

"Saya ingin bangsa saya terhormat, berdiri di atas kaki sendiri. Saya ingin melihat adik-adik saya ini semua, nanti kau pakai mobil buatan Indonesia, motor buatan Indonesia. Kau pakai jam, jam buatan Indoonesia, kau pakai sabun, perfume, sepatu, buatan Indonesia," tandas Prabowo yang disambut meriah para hadirin di acara diskusi tersebut.

Reaksi Warganet

Viralnya kembali potongan video tersebut sontak membuat sosok Bacapres ini menuai sorotan warganet. Tak sedikit yang memberikan reaksi dari unggahan video TikTok yang dibagikan oleh akun @Ilhamcello20.

"insyaallah THN 2024 pak Prabowo Subianto memimpin INDONESIA," tulis warganet.

"jujur ya setelah lihat semua tdi malam hanya pak Prabowo menjawab pertanyaan para audiens yang masuk akal, padat dan jelas tanpa ada cerita2 ga jls," ucap pengguna media sosial lainnya.

"sehat selalu pak prabowo, insyaAllah sebelum meninggal bapak bisa mencapai cita cita yang bapak inginkan," kata warganet lain.

”Rada nyesek dengernya,” kata lainnya.

"Intinya pak prabowo tidak mau membelakangi orang kalau ngomong," seru warganet lain.

"sy lihat pak prabowo bukan nolak berbicara di hadapan cermin tapi pak prabowo cukup sekali melihat cermin dan krn ingin melihat ekspresi audiens," kata lainnya.

"Nangis Ak lihat prabowo .... dy gk pntang nyerah loh karena apa????? dy ingin lihat Neg ini MAJU GESSSS," tulis warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya