Ahmad Dhani Teriak Coblos Mulan Jameela saat Konser Dewa 19, Danlanud Ancam Matikan Sound System

Ahmad Dhani
Sumber :
  • IG @officialdewa19

Tasikmalaya – Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani dikecam karena melakukan kampanye politik saat manggung konser Dewa 19 di lapangan Lanud Wiriadianata Tasikmalaya, Sabtu, 21 Oktober 2023, malam. 

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Di depan ribuan penggemarnya, Ahmad Dhani tiba-tiba mengkampanyekan istrinya, Mulan Jameela yang merupakan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Jabar XI meliputi Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Garut.

Dalam video yang viral, Ahmad Dhani yang tengah menyanyikan lagu 'Sedang Ingin Bercinta' meminta ribuan penonton untuk mencoblos istrinya di Pemilu Legislatif pada 14 Februari 2024 mendatang. 

MK Siapkan Tukang Pijat hingga Vitamin untuk Hakim Selama Sidang Sengketa Pileg 2024

Dhani pun menjanjikan jika istrinya kembali terpilih, para pejabat setempat, termasuk Dandim, Kapolres dan Kapolda akan naik pangkat.

Ahmad Dhani

Photo :
  • IG @ahmaddhaniofficial
Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

"Jangan lupa kepada seluruh penonton mencoblos istri saya ya, Mulan Jameela. Jika istri saya dan partai saya menang, saya janji akan menaikkan pangkat para pejabat di sini," kata Dhani di sela-sela Konser Dewa 19 di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya.

Ajakan kampanye Ahmad Dhani untuk mencoblos Mulan Jameela saat Konser Dewa 19 itu dikecam netizen. Selain menyalahi ketentuan Undang-Undang, lokasi konser yang berada di komplek militer TNI AU juga dilarang melakukan aktivitas atau kegiatan politik. 

Diketahui, posisi TNI dalam pemilu tegas diatur dalam UU dilarang berpolitik, atau terlibat kegiatan politik. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bahkan tegas mengingatkan prajurit TNI untuk selalu menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. 

Menanggapi viralnya Ahmad Dhani yang mengkampanyekan istrinya saat Konser Dewa 19 Sabtu malam, Danlanud Wiriadinata, Letkol Pnb Adi Putra Buana sangat menyesalkan tindakan Ahmad Dhani tersebut. Ia menegaskan TNI AU selalu menjaga netralitas dalam pemilu.

Danlanud Wiriadinata, Letkol Pnb Adi Putra Buana

Photo :
  • IG lanud_wiriadinata

"Saya sangat menyesalkan kejadian itu. Padahal sebelumnya sudah saya tegaskan, baik di dalam surat izin maupun secara lisan, tidak ada kegiatan berbau politik," kata Adi, saat menggelar konferensi pers, Selasa, 24 Oktober 2023.

Danlanud Letkol Adi memastikan sebelum pelaksanaan konser pihak TNI AU dan event organizer (EO) sudah membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan kegiatan kampanye politik dari calon manapun. 

Danlanud mengaku langsung berlari ke belakang panggung saat Ahmad Dhani mengkampanyekan Mulan Jameela di tengah konser. Ia langsung menemui pihak EO dan manajer Dewa 19 memprotes tindakan Ahmad Dhani di atas panggung.

Danlanud tak segan akan mematikan sound system -- bahkan menghentikan konser jika pernyataan berbau kampanye terulang lagi. "Alhamdulillah sampai selesai tak ada lagi kata-kata mengarah ke kampanye lagi," ujar Adi.

Ia mengimbau para artis, pekerja seni maupun EO untuk profesional dalam menyelenggarakan acara hiburan di tengah musim pemilu seperti sekarang ini. Ia menegaskan netralitas TNI harga mati.

"Lanud Wiriadinata akan tetap konsisten, tetap netral, menjaga netralitas sesuai dengan perintah Panglima TNI," tegasnya

Laporan: Denden Ahdani/tvOne Tasikmalaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya