Jokowi Heran Banyak Tudingan Intervensi Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa heran dengan banyaknya tudingan adanya intervensi dalam tahun politik menjelang Pemilu serentak 2024. Kepala Negara menegaskan bahwa dalam proses persiapan hingga penyelenggaraan pemilu serentak itu, turut dilengkapi oleh saksi, baik dari partai politik (parpol), masyarakat, dan aparat di lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

Menikah, Rizky Febian dan Mahalini Dapet Karangan Bunga dari Jokowi

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat sambutan acara Rakornas penyelenggara pemilu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu, 8 November 2023.

“Banyak yang menyampaikan bahwa pemilu kita gampang diintervensi. Intervensi dari mana? Di setiap TPS itu ada saksi dari partai, belum juga aparat di dekat TPS. Artinya, pemilu ini terbuka dan bisa diawasi siapa saja oleh masyarakat, media dan lainnya,” kata Jokowi.

Stafsus Presiden Jokowi dan Kemenkop UKM Apresiasi Pendampingan UMKM

Pemilu/Ilustrasi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi lalu menyoroti bahwa pada tahun ini sebanyak 840.000 TPS akan hadir untuk mewadahi suara masyarakat. Sehingga, Presiden Jokowi meyakini bahwa pemilu tahun 2024 akan menjadi pesta demokrasi yang besar.

Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Kendati begitu, dia mengamini di balik pesta demokrasi yang hebat, terdapat tanggung jawab yang besar pula. Karena itu, Jokowi mendorong setiap pihak terkait untuk terus menjaga tata kelola pemilu agar akuntabel dan berintegritas.

“Mari mewujudkan kontestasi yang sejuk, kontestasi tanpa hoaks, kontestasi tanpa ujaran kebencian. Sehingga kontestasi ini bisa menghasilkan solusi-solusi bagi masalah yang dihadapi bangsa kita,” imbuhnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah meminta para penjabat kepala daerah, intensif memberi dukungan kepada penyelenggara pemilu di daerahnya masing-masing. Baik ke KPU maupun Bawaslu. Netralitas juga diwanti-wanti oleh Kepala Negara. Dia memastikan, akan mengevaluasi setiap hari soal ini.

Presiden Jokowi membuka Rakornas Penanggulangan Bencana

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi, saat memberikan arahan kepada seluruh Pj (penjabat) kepala daerah dari seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2023. Jokowi meminta para Pj kepala daerah tidak melakukan intervensi di Pemilu 2024.

"Masuk ke tahun politik pemilu. Saya minta gubernur, bapak ibu, bupati, wali kota berikan dukungan pada tugas-tugas KPUD dan Bawaslu, tapi tidak mengintervensi apapun. Membantu anggaran segera, disegerakan," kata Presiden Jokowi dalam arahannya.

Kepala Negara juga mewanti-wanti penjabat kepala daerah tidak memihak calon tertentu. Selain itu, ia meminta mereka untuk memastikan aparatur sipil negara (ASN) netral di Pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya