KKB Papua Tebar Teror Lagi, Honai dan Gedung SMP di Kabupaten Puncak Dibakar

Ilustrasi KKB Papua bakar kendaran milik polisi.
Sumber :
  • VIVA/Polda Papua

Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Kabupaten Puncak dengan membakar rumah khas Papua atau honai dan gedung SMP Negeri 1 Gome di Kampung Kunga, Distrik Ilaga, Jumat, kemarin.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan ulah KKB itu diketahui setelah menerima laporan dari Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia yang berada di lapangan.

Benny menjelaskan pembakaran SMP 1 Gome oleh KKB diketahui sekitar pukul 17.15 WIT. Selain itu, ada juga terjadi tembakan flare berwarna merah sebanyak 10 kali dari tiga arah yang berbeda.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Dia menuturkan, sebelum kabur ke Kunga, KKB Papua sempat kontak senjata dengan aparat TNI.

"Beberapa menit kemudian, dari jarak sekitar 400 meter terdengar tembakan yang mengarah ke Pos Kodim Persiapan, diduga dilakukan oleh KKB. Personel keamanan kemudian memberikan tembakan balasan, mengakibatkan kelompok tersebut melarikan diri menuju Kampung Kunga," kata Ignatius Benny, Sabtu 11 November 2023.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

KKB bakar pasar di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua

Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Benny menambahkan, pada pukul 20.45 WIT, diterima laporan terbaru menyebutkan bahwa satu honai juga dibakar oleh kelompok teroris tersebut.

Pun, dia menambahkan, aparat gabungan di Kabupaten Puncak sedang berupaya menangani situasi ini. Hal itu dengan meningkatkan tingkat keamanan guna mencegah terjadinya insiden lanjutan pasca aksi tersebut.

"Aparat gabungan sedang melakukan penyisiran dan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku di balik serangkaian kejadian ini," katanya.

Benny mengaku, insiden pembakaran ini menunjukkan eskalasi gangguan keamanan di wilayah Puncak, Papua Tengah yang berkelanjutan. Kata dia, pihak berwenang terus berjuang untuk menghadapi ancaman KKB demi menjaga kedamaian serta keamanan di daerah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya