KKB Papua Kocar Kacir Kabur ke Hutan Diburu TNI, Sejumlah Barang Diamankan

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

Papua Tengah - Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Satgas Batalyon Infanteri Raider 300/Braja Wijaya berhasil mengamankan sejumlah barang termasuk senjata di Gome, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Barang-barang itu diamankan pasca baku tembak TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa menjelaskan, awalnya Dansatgas Yonif Raider 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga, menerima laporan masyarakat terkait ada sekelompok orang yang mencurigakan di salah satu honai atau rumah khas masyarakat pegunungan di Tanah Merah, Distrik Gome.

Menurut dia, pihaknya dapat informasi bila kelompok orang di salah satu honai di wilayah Tanah Merah itu duicurigai berpotensi mengganggu keamanan.Dugaan kuat sekelompok orang itu adalah KKB Papua.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

“Untuk mengamankan wilayah itu kemudian diperintahkan Danpos Gome Lettu Inf Reza Pahlawan bersama tiga tim untuk melaksanakan pemeriksaan dan pengecekan di wilayah Tanah Merah,” kata Gusti dalam keterangannya, Sabtu, 11 November 2023.

VIVA Militer: Prajurit Yonif 11/Marinir serang markas KKB Papua

Photo :
  • Penerangan Korps Marinir (Penkormar)
Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Namun, saat prajurit Satgas Yonif 300/Bjw berjalan mendekati lokasi honai, terdengar teriakan "lari-lari". Kemudian, sekelompok orang yang diperkirakan berjumlah enam orang pria itu berlarian keluar dari honai.

Mereka berlari keluar sambil membawa satu pucuk senjata laras panjang dengan beberapa kali menembaki personel TNI.

“Kontak tembak berjalan singkat, kami berupaya mengejar. Namun, KKB lari menuju hutan," ujarnya.

Kemudian, dilakukan pengecekan di dalam honai yang sempat ditempati KKB Papua. "Dan, setelah dilaksanakan pemeriksaan di dalam honai dan mendapatkan barang bukti berupa HT, teropong dan senter serta barang lainnya,” kata Gusti.

Menurut Gusti, pihak TNI akan berupaya memberikan rasa aman di masyarakat dan berharap kerjasamanya. Dengan demikian, jika ada ada yang mencurigakan diharapkan segera dilaporkan. “Mari kita bersama-sama menjaga keamanan di wilayahnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya