Kena OTT KPK, PJ Bupati Sorong Tiba di Gedung Merah Putih

PJ Bupati Sorong Yan Piet Mosso tiba di Gedung Merah Putih KPK.
Sumber :
  • VIVA/Zendy

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Sorong, Papua Barat Daya pada Minggu, 12 November 2023. Kini sosok yang dikabarkan terjaring OTT itu telah tiba di gedung merah putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Berdasarkan pantauan, sosok PJ Bupati Sorong Yan Piet Mosso telah tiba di KPK. Dia tiba di KPK pada Senin, 13 November 2023 sekira pukul 20.07 WIB Yan Piet tampak mengenakan topi berwarna hitam dan jaket Vest berwarna Navy dengan dilengkapi kaos hitam. Dia tiba dikawal oleh sejumlah anggota polisi.

Bahkan terlihat sosok berbadan gempal jalan lebih dulu di depannya dengan menggunakan kaos warna navy dilengkapi topi hitam. Yan Piet tidak mengucapkan sepatah kata pun ketika tiba. Dia langsung di gelandang masuk ke ruang pemeriksaan lembaga antirasuah.

Dewas KPK Ungkap Penyalahgunaan Wewenang Nurul Ghufron: Diminta Mutasi PNS Kementan ke Jawa

Juru Bicara KPK Ali Fikri

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan bahwa dari lima orang yang diamankan dalam operasi senyap KPK itu tiga di antaranya merupakan pejabat Kabupaten Sorong.

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto: Kami Siap Berantas Korupsi

"Sejauh ini ada beberapa orang yang ditangkap tim KPK, di antaranya 3 Pejabat Kabupaten Sorong dan 2 orang pemeriksa BPK perwakilan Propinsi Papua Barat Daya," ujar Ali Fikri kepada wartawan, Senin, 13 November 2023.

Ali menuturkan bahwa operasi senyap itu dilakukan penyidik KPK atas dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu BPK untuk wilayah Propinsi Papua Barat.

"Atas dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu BPK untuk wilayah Propinsi Papua Barat Daya TA 2023," kata Ali.

Mereka sampai dengan saat ini masih diperiksa tim KPK. Hasil dan perkembangan pemeriksaan akan segera disampaikan KPK.

Diberitakan sebelumnya, KPK telah melakukan OTT di wilayah Kabupaten Sorong Papua Barat Daya. Operasi senyap itu dilakukan pada Minggu, 12 November 2023.

"Benar tim KPK (12/11) dini hari lakukan kegiatan tangkap tangan terhadap penyelenggara negara yang sedang melakukan korupsi di wilayah Kabupaten Sorong Papua Barat Daya," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin, 13 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya