Jokowi: Secara Jujur, Dunia Seolah Tak Berdaya Lihat Penderitaan Rakyat Palestina

Presiden Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • Setpres

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menceritakan kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) dan pertemuan bilateral di Riyadh, Arab Saudi. Kebrutalan zionis Israel juga memang sempat menyerang rumah sakit Indonesia di Palestina.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Terkait kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina saat ini telah saya sampaikan baik di KTT dan pertemuan bilateral disela-sela KTT tentang pentingnya menghormati hukum humaniter internasional,” kata Jokowi dikutip pada Senin, 13 November 2023.

Jokowi kembali ingin menegaskan dari sejak awal terjadinya serangan, Pemerintah Indonesia akan terus berupaya memberikan perlindungan terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Palestina.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

“Pemerintah telah dan akan terus berupaya melindungi WNI serta fasilitas-fasilitas publik, termasuk Rumah Sakit Indonesia,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri KTT Luar Biasa OKI di Riyadh

Photo :
  • Setkab
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Di samping itu, Jokowi juga menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina dalam KTT OKI di Riyadh kemarin. Makanya, Jokowi mengajak seluruh negara yang tergabung dalam OKI untuk bersatu menyuarakan gencatan senjata di wilayah Gaza.

“Saat KTT saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina, sehingga saya mengajak negara-negara anggota OKI untuk bersatu, dan berada di barisan terdepan dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” ujarnya.

Presiden Jokowi sebelumnya menyampaikan Israel mesti bertanggungjawab atas kebrutalan yang dilakukan di wilayah Gaza, Palestina. Jokowi bilang demikian saat tiba di Washington DC, Amerika Serikat pada Senin, 13 November 2023.

“Israel harus bertanggungjawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” kata Jokowi dikutip pada Senin, 13 November 2023.

Jokowi menekankan fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan atau bantuan untuk warga Palestina tak boleh jadi sasaran serangan oleh Israel. Maka itu, ia meminta dilakukan gencatan senjata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya