4 Perwira Penerbang Super Tucano yang Gugur Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Pemakaman 3 prajurit TNI di TMP Suropati, Malang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)

Malang – Pemerintah Indonesia memberikan kenaikan pangkat sebagai penghargaan kepada 4 perwira TNI Angkatan Udara yang gugur dalam insiden pesawat Super Tucano yang jatuh di Watugede, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis, 16 November 2023. 

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Empat perwira penerbang TNI AU yang gugur itu adalah, Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya yang naik pangkat menjadi Marsma TNI, Letkol Pnb Sandhra Gunawan naik pangkat menjadi Kolonel, Kolonel Pnb Subhan naik pangkat menjadi Marsma TNI, Mayor Pnb Yuda A Seta naik pangkat menjadi Letkol. 

Empat perwira ini telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Suropati, Kota Malang, Jumat, 17 November 2023. 

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispen AU) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan, kenaikan pangkat telah disetujui negara. Empat mendiang perwira ini kini dipastikan telah naik pangkat satu tingkat. 

Pemakaman 3 prajurit TNI di TMP Suropati, Malang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Uki Rama (Malang)
Deretan Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia

"Bahwa kenaikan pangkat luar biasa untuk para penumpang yang gugur telah disetujui. Hingga saat ini mereka sudah berganti pangkat menjadi pangkat setingkat lebih tinggi," kata Agung. 

Agung mengatakan, kenaikan pangkat pantas diberikan bagi prajurit yang meninggal dunia dalam tugas. Empat prajurit ini sedang menjalani latihan prefensi formasi. Namun, di luar dugaan 2 pesawat mengalami kecelakaan hingga menyebabkan 4 perwira meninggal dunia. 

"Karena memang seharusnya tidak terjadi seperti ini. Namun karena sudah kejadian maka kita memberikan penghargaan, negara memberikan penghargaan kepada almarhum," ujar Agung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya