Loyalis Sebut Diplomasi Presiden Jokowi ke Joe Biden Harus Masuk Sejarah

Presiden RI Jokowi dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Washington DC, Amerika Serikat, beberapa hari lalu. 

Brasil Tunda Kirim Kendaraan Lapis Baja ke Israel Senilai Rp 2,3 Triliun, Ini Alasannya

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi mengajak Presiden AS Joe Biden untuk berkontribusi meredakan agresi Israel di Gaza, Palestina, demi terwujudnya perdamaian global.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden AS Joe Biden tersebut menarik perhatian publik, di antaranya dari Koordinator Nasional, TIM 8 Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (TIM 8-RJBBP) Wignyo Prasetyo.

UEA Tidak Akan Berikan Perlindungan Bagi Israel Usai Perang di Gaza Berakhir

Kordinator Nasional TIM 8-RJBBP Wignyo Prasetyo.

Photo :
  • Istimewa

Wignyo merespons positif langkah Presiden Jokowi tersebut. “Sikap Indonesia yang disampaikan dalam pertemuan empat mata dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, itu adalah pernyataan yang bernilai politik sangat tinggi,” kata Wignyo dikutip Jumat, 17 November 2023.

TNI AL, US Navy dan USMC Gelar Latihan Militer Bersama CARAT 2024 di Lampung

Sebab, lanjut dia, hal tersebut bagian dari upaya Presiden Jokowi mewujudkan perdamaian dunia. “Ini upaya Presiden Jokowi wujudkan perdamaian dunia yang seadil-adilnya," ujar aktivis 98 ini. 

Loyalis Jokowi ini menambahkan, "Dan satu lagi perlu saya tekankan, bahwa ini bukan persoalan agama, tapi ini persoalan kemanusiaan."

Menurut Wignyo, diplomasi dari Presiden Jokowi tersebut harus tercatat dalam sejarah. “Upaya diplomasi yang dilakukan Presiden Jokowi harus masuk dalam sejarah,” katanya.

Diketahui, perang antara Hamas dan Israel telah banyak memakan korban jiwa dari kedua belah pihak, termasuk warga sipil Palestina. Perang ini menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Sejak dulu, Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka di atas tanah sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya