Jadi Ketua MIKTA, Indonesia Dorong Perdamaian Palestina

Presiden RI Jokowi dengan Ketua DPR Puan Maharani.
Sumber :
  • Instagram Puan Maharani

Jakarta - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kepada Anggota Parlemen MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) untuk mendukung perdamaian yang ada di Palestina. Hal itu disampaikan Puan ketika mengajak delegasi MIKTA bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara pada Senin, 20 November 2023.

Klarifikasi 'Om Albert' soal Viral Video Ajak Youtuber Korea ke Hotel

“Apa yang disampaikan Presiden dalam pertemuan ini bahwa Indonesia tetap berkomitmen, tetap konsisten mendukung perdamaian yang ada di Palestina,” kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menurut dia, Indonesia tahun ini menjadi Ketua MIKTA yang terdiri dari 5 negara middle power atau kekuatan menengah di dunia yakni Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia. Tentu saja, kata dia, MIKTA bersepakat bisa bersuara di dunia internasional.

Sagil Siswa SD Tinggi 2 Meter, YouTuber Korea Diajak ke Hotel hingga IRT di Garut Tewas Dibunuh

Demonstrasi mendukung Palestina.

Photo :
  • AP Photo.

“Terkait apa yang terjadi di Palestina, kami bersepakat bahwa kependudukan Israel di Palestina harus segera dihentikan, bagaimana membuka jalur-jalur (bantuan) kemanusiaan harus segera dilaksanakan,” ujarnya.

Protes Meluas di Universitas Spanyol, Mahasiswa Minta Putus Hubungan dengan Israel

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, kata Puan, MIKTA menyampaikan hal-hal yang sudah dibicarakan ketika melakukan pertemuan-pertemuan bilateral bahwa apa yang terjadi di Palestina dan Ukraina harus segera diselesaikan. “Sehingga, perdamaian bisa terjadi di muka bumi,” jelas dia.

Di Istana Kepresidenan, Puan memandu pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua National Assembly Korea Selatan Kim-Jin Pyo, Ketua Grand National Assembly Turki Numan Kurtulmu, Wakil Ketua Senat Australia Andrew McLachlan, dan untuk pimpinan parlemen Meksiko diwakili oleh Sekretaris Parlemen, Fuesanta Guerrero Esquivel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya