Dirlantas Polda Jatim Ungkap Horornya Lintasan Minibus Ditabrak KA di Lumajang

Dirlantas Polda Jatim di lokasi minibus ELF tertabrak KA Probowangi di Lumajang
Sumber :
  • Antara

Lumajang – Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Komarudin, membeberkan kondisi jalan lokasi minibus ditabrak Kereta Api Probowangi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jalan tersebut merupakan jalan desa selebar kira-kira tiga meter.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Kombes Komarudin mengatakan, jalan tersebut adalah alternatif yang biasa dipakai pengendara menghindari kemacetan di Jalan Raya Lumajang-Probolinggo. Kendati begitu, kondisi aspalnya bagus. "Kondisi aspal halus," katanya kepada VIVA pada Senin, 20 November 2023.

Karena merupakan jalan desa, lokasi kecelakaan agak jauh dari rumah warga. Di perlintasan kereta api juga tidak ada palang pintu. Selain itu, di lokasi juga tidak ada lampu penerangan sehingga saat kejadian diperkirakan gelap gulita. "Tiang [lampunya] ada, tapi saat saya di lokasi mati," ujar Komarudin.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Minibus ELF tertabrak KA Probowangi di Lumajang, Minggu (19/11), 11 orang tewas

Photo :
  • HO-KAI

Perwira dengan tiga melati di pundak itu menambahkan, sudut perpotongan perlintasan sebidang juga tidak 90 derajat. Karena itu pengendara yang melintas dan menyeberang rel kereta api dari selatan ke utara berpotensi tidak melihat apabila ada kereta api melaju dari timur ke barat.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Berdasarkan keterangan warga sekitar, Komarudin mengungkapkan bahwa kecelakaan tersebut merupakan yang pertama kali terjadi. Namun demikian, Komarudin mengaku pihaknya tetap akan melakukan pendalaman guna mengetahui secara pasti penyebab kecelakaan.

Di bagian lain, Kepala Cabang Utama PT Jasa Raharja Jawa Timur, Tamrin Silalahi mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan kepolisian guna memastikan bahwa semua korban insiden tersebut bakal mendapat santunan dari institusinya.

"Menindaklanjuti hal tersebut Jasa Raharja telah melakukan koordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Lumajang dan memastikan bahwa semua korban dari peristiwa laka lantas tersebut dijamin oleh Jasa Raharja, baik korban yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit," katanya.

Tamrin mengaku sudah menghubungi semua ahli waris para korban untuk diberikan santunan. Mereka ialah korban atas nama Sulis Agustina, Sri Rahayu, Nur Muhammad, Titik Ristianti, Suyono, Edi Sugianto, Sukarnoto, Riono, Gatot Hari Cahyono, Sumarti, dan Ana Mariyana.

Sesuai aturan, mereka mendapatkan santunan masing-masing Rp50 juta. Sedangkan untuk keempat korban yang luka-luka masing-masing mendapatkan santunan Rp20 juta. Mereka yang terluka ialah Warsito, Bayu Trinanto, Ardika, dan Alena.

Sebelumnya, sebanyak 11 orang meninggal dunia dan empat orang lainnya luka-luka akibat sebuah minibus "Elf" tertabrak KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu, 19 November 2023, malam.

Kecelakaan antara mikro bus dan Kereta Api 266 Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah, pada pukul 19.53 WIB.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo melalui keterangan resminya, menyatakan sebanyak 11 orang meninggal dunia yang seluruhnya merupakan pengguna mobil "Elf" tersebut, sedangkan seluruh penumpang KA 266 Probowangi dalam kondisi selamat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya